BI catat kredit perbankan tumbuh 1,16 persen pada Agustus 2021

Kredit UMKM juga terus mengalami peningkatan dengan tumbuh sebesar 2,7 persen pada Agustus 2021

Jakarta (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit perbankan mencapai 1,16 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Agustus 2021, melanjutkan pertumbuhan positif dari bulan sebelumnya yaitu 0,5 persen.

“Pertumbuhan ini didorong oleh membaiknya permintaan kredit dari dunia usaha sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, menurunnya suku bunga kredit baru, serta melonggarnya standar penyaluran kredit perbankan,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulan September 2021 secara daring di Jakarta, Selasa.

Dengan perkembangan tersebut, ia memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 berada di rentang 4 persen sampai 6 persen.

Adapun kredit konsumsi (KK) dan kredit modal kerja (KMK) melanjutkan pertumbuhan positif masing-masing sebesar 2,84 persen (yoy) dan 1,27 persen (yoy), mengindikasikan peningkatan aktivitas konsumsi terutama permintaan pemilikan rumah dan pemulihan dunia usaha.

Perry menjelaskan kredit UMKM juga terus mengalami peningkatan dengan tumbuh sebesar 2,7 persen pada Agustus 2021.

Sementara itu, penurunan suku bunga dasar kredit (SBDK) perbankan terus berlanjut, meski dalam besaran yang lebih terbatas, yaitu menurun dari 8,82 persen pada Juni 2021 menjadi 8,81 persen pada Juli 2021.

Dengan demikian, ia menegaskan akan terus memperkuat kebijakan transparansi SBDK dengan pendalaman asesmen transmisi SBDK dan suku bunga kredit baru per jenis kredit berdasarkan kelompok bank

“Suku bunga kredit baru mengalami penurunan pada Agustus 2021, seiring dengan menurunnya persepsi risiko perbankan terhadap dunia usaha setelah pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas,” tuturnya.

Maka dari itu, BI mengharapkan perbankan terus melanjutkan penurunan suku bunga kredit, sebagai bagian dari upaya bersama untuk mendorong kredit kepada dunia usaha.

Baca juga: Survei: Kredit baru perbankan pada Agustus banyak tersalurkan ke KPR
Baca juga: Hasil survei BI indikasikan peningkatan penyaluran kredit baru
Baca juga: Presiden ajak perbankan dan pelaku usaha ekspansi, geliatkan ekonomi

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *