Ajax berondong tim promosi Cambuur sembilan gol tanpa balas

Jakarta (ANTARA) – Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan sembilan gol tanpa balas saat menang 9-0 dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat.

Kemenangan telak itu membuat sang juara bertahan sementara naik ke puncak klasemen dengan koleksi 13 poin mengungguli PSV Eindhoven satu poin yang baru bermain Minggu malam nanti.

Bagi Cambuur, sembilan gol yang diderita lawan Ajax membuat mereka turun ke peringkat kesembilan karena selisih gol, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Bek tengah muda Jurrien Timber membuka pesta gol Ajax saat merangsek ke lini depan dalam serangan balik dan menyelesaikan umpan Steven Berghuis pada menit ke-16.

Tiga menit kemudian giliran Berghuis mencetak gol setelah memanfaatkan umpan sepak pojok.

Baca juga: PSV restorasi kedudukan di puncak selepas hantam AZ Alkmaar

Bek sayap Noussair Mazraoui mencetak gol ketiga Ajax dari situasi bola mati dengan sepakan kaki kiri dari tengah kotak penalti pada menit ke-29.

Ajax memimpin 4-0 saat turun minum menyusul David Neres menyarangkan gol keempat mereka ke gawang Cambuur pada menit ke-38.

Unggul empat gol tak mengendurkan serangan tuan rumah yang menambah marjin mereka lewat Dusan Tadic pada menit ke-60 untuk disusul gol-gol dari Mohammed Daramy dan Sebastien Haller dalam kurun waktu tujuh menit kemudian.

Gol kedelapan Ajax lahir pada menit ke-76 kala umpan Dusan Tadic diselesaikan dengan sontekan jarak dekat oleh Danilo, lantas Neres mencetak gol keduanya enam menit sebelum bubaran untuk melengkapi kemenangan 9-0.

Ajax selanjutnya akan bertandang ke markas Fortuna Sittard Selasa pekan depan dan dua hari kemudian Cambuur menjamu Heracles Almelo.

Baca juga: Sebastian Haller usung Ajax kembali ke jalur kemenangan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *