Punya Eco Idle, Terios Berisiko Mundur Sendiri saat Berhenti di Tanjakan?

Suara.com – PT Astra Daihatsu Motor resmi meluncurkan Daihatsu Terios Improvement dengan tambahan fitur Eco Idle pada Jumat (18/9/2021). Eco Idle merupakan teknologi yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti beberapa saat.

Sesuai namanya, teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi karena mesin tidak menyala saat tidak dibutuhkan.

Namun bagaimana jika mobil harus menghadapi posisi menanjak, sedangkan mesin mobil secara otomatis mati dengan adanya sistem Eco Idle? Bukankah dalam situasi ini mobil bisa mundur sendiri?

Head, Test & Validation Division, Research & Development Directorate ADM, Yasuo Sahashi memastikan kemungkinan tersebut sudah diperhitungkan.

Baca Juga: Daihatsu Terios Versi Penyegaran Hadir, Ini Daftar Harga dengan Diskon PPnBM 100 Persen

“Di tanjakan tentu kita sudah perhitungkan, mobil akan tetap bekerja maksimum di kemiringan 5 derajat. Jadi konsumen tidak perlu khawatir mundur,” ujar Yasuo Sahashi, saat peluncuran virtual Terios Improvement, Jumat (17 September 2021).

Selain itu, mobil juga sudah dilengkapi sensor untuk membaca suhu kabin. Dengan demikian blower AC akan tetap berfungsi ketika mobil mati.

“AC tidak ada masalah karena sensor di dalam kabin tetap bekerja dan AC tetap nyala. Jadi secara otomatis akan berfugsi kembali,” ungkap Sahashi.

Selain Eco Idle, Daihatsu Terios terbaru ini juga mendapatkan fitur safety tambahan VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist).

ADM tidak melakukan perubahan terhadap spesifikasi mesin. Hanya saja dilakukan ubahan pada bagian baterai untuk mengantisipasi baterai drop akibat mobil sering mati hidup.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Meningkat di Tengah PPKM Level 4

Berikut daftar harga Daihatsu Terios 2021 dengan skema diskon PPnBM 100%:

Terios R Custom MT: Rp 246,4 juta
Terios R Custom AT: Rp 255,6 juta
Terios R MT: Rp 234,5 juta
Terios R AT: Rp 243,7 juta
Terios X MT: Rp 205,1 juta
Terios X AT: Rp 224,3 juta

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *