Kelamaan di dalam Tol dan Kartu Tol Kedaluwarsa, Apakah Saldo Hangus?

Suara.com – PT Jasa Marga, penyelenggara layanan jalan tol di Indonesia, memastikan bahwa kartu tol kedaluwarsa atau expired karena pengendara terlalu lama berada di dalam jalan bebas hambatan, tidak hangus atau terpotong dua kali saldonya.

Informasi ini disampaikan Jasa Marga via Instagram pada pekan ini setelah seorang pengguna tol, lewat media sosial, mengeluhkan bahwa kartu tolnya dinyatakan expired atau kedaluwarsa setelah ketiduran 6 jam di rest area.

Jasa Marga menjelaskan bahwa penerapan kedaluwarsa pada kartu tol merupakan bentuk “pengendalian transaksi yang dilakukan agar tercipta kualitas aktivitas pengelolaan pendapatan tol zero loss dan aman.”

Tetapi jika ada pengendara yang mengalami peristiwa serupa, tidak perlu panik. Mengapa?

Baca Juga: Kok Kartu Tol Expired? Begini Hitung-hitungannya

Saldo dalam kartu tol pengguna tidak akan hangus. Jasa Marga memastikan bahwa saldo kartu akan terpotong sesuai asal gerbang masuk dan gerbang keluar pengendara.

Lalu apa yang terjadi jika gerbang tol otomatis tidak terbuka saat kartu tol kedaluwarsa? Jasa Marga menyarankan pengguna tol menekan tombol bantuan di gardu tol otomatis agar petugas datang membantu pengguna jalan keluar.

Sebelumnya Jasa Marga juga sudah menjelaskan bahwa kartu tol expired bisa terjadi jika kendaraan terlalu lama berada di dalam tol. Waktu kedaluwarsa biasanya memperhitungkan waktu perjalanan dan waktu istirahat pengguna jalan tol.

Biasanya durasi kedaluwarsa atau expired kartu tol diberlakukan Jasa Marga sebanyak dua kali waktu tempuh normal sebuah ruas tol. Dalam beberapa kasus, durasi kedaluwarsa bisa sepanjang 1,5 kali waktu tempuh normal.

Sementara untuk tol dengan sistem terintegrasi tertutup, seperti Trans Sumatra dan Lintas Jawa, batas kedaluwarsa kartu tol bergantung juga pada kecepatan rata-rata kendaraan dan panjang ruas jalan tol.

Baca Juga: Jasa Marga Implementasikan Pembayaran Tol Nirsentuh mulai September 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *