Lakukan Hal Ini Saat Pertama Kali Datang ke Singapura

Setiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda, termasuk Singapura yang merupakan tetangga dari Indonesia. Aturan yang ada di Singapura cenderung lebih ketat dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Itulah kenapa saat pelesir ke sini ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk Singapore 2021. Karena tahun ini masih dalam situasi pandemi, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah masalah isolasi mandiri yang harus dilakukan oleh para wisatawan.

Selain syarat masuk, ada juga aturan lain yang harus diperhatikan dengan baik apabila pertama kali datang ke Singapura. Untuk itu, perhatikan beberapa hal di bawah ini apabila Anda merencanakan perjalanan ke negeri singa Merlion untuk pertama kali.

1. Mencari Peta Wisata

singapore tourist map_

Begitu sampai di bandara Changi Singapura, Anda harus mengisi lembar embarkasi lalu melakukan berbagai jenis prosedur di imigrasi hingga akhirnya bisa keluar dari bandara. Proses ini biasanya berjalan dengan cepat atau beberapa jam, tergantung dengan kelengkapan dokumen.

Sebelum memutuskan keluar untuk mencari akomodasi dan melakukan perjalanan wisata. Tidak ada salahnya untuk mencari peta wisata yang biasanya sudah disediakan di bandara. Tersedia berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia sehingga Anda bisa mengetahui tempat apa saja yang bisa dikunjungi dan transportasinya.

Selain itu, apabila ingin lebih sederhana dan memanfaatkan gadget yang dimiliki., bisa mengunduh aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat jalur alat transportasi termasuk MRT. Jadi, berbagai jenis jadwal akan tersedia dengan lengkap. Anda hanya perlu mengikutinya karena transportasi di Singapura sangat on time.

2. Memiliki Kartu Transportasi

ez link singapura_

Sebagian besar alat transportasi di Singapura menggunakan kartu yang digunakan untuk metode pembayaran. Kartu ini bernama EZ Link. Jika di Indonesia mungkin mirip sekali dengan e-Money. Sayangnya, penggunaan dibatasi untuk beberapa alat transportasi termasuk taksi hingga pembayaran di supermarket.

Anda bisa memilih sendiri apakah menggunakan kartu standar yang harus diisi ulang berkali-kali apabila habis atau kartu turis. Kartu standar memiliki harga sekitar 11 dolar, nantinya Anda akan mendapatkan saldo sekitar 4 dolar lalu sisanya merupakan deposit yang bisa dikembalikan saat pulang ke Indonesia.

Selanjutnya, apabila ingin melakukan perjalanan tanpa memikirkan deposit terus menerus. Bisa memilih kartu turis yang bisa digunakan selama 3 hari atau 7 hari, tergantung dengan jenisnya. Dengan kartu ini berbagai alat transportasi akan gratis. Jadi, cocok buat yang suka menjelajah.

3. Penukaran Uang

dollar singapore_

Begitu sampai di Singapura, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari ATM untuk menukarkan uang. Apabila menggunakan ATM, bisa langsung menarik dengan nominal tertentu. Sesuaikan dengan logo yang ada pada kartu sehingga bisa mengambil di ATM yang tepat.

Sayangnya, sekali melakukan transaksi di berbagai jenis ATM akan dikenakan biaya sekitar 5 dolar Singapura. Jadi lebih baik mengambil sekaligus banyak daripada mengambil berkali-kali karena bisa boros biaya transaksi.

Tidak disarankan untuk menukar uang dalam bentuk rupiah ke dolar Singapura di money changer. Biasanya kurs yang ditawarkan cenderung lebih rendah sehingga kemungkinan besar tetap akan rugi. Belum lagi ada biaya transaksi dan lainnya yang kerap dibebankan kepada penukar.

4. Aturan di Tempat Umum

Singapore rules_

Satu hal wajib ketika datang ke Singapura khususnya di tempat umum adalah selalu memperhatikan papan aturan yang tertempel di sekitarnya. Di sana akan terdapat berbagai jenis aturan terkait dengan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Di tempat umum biasanya akan ada banyak polisi yang mengawasi. Apabila seseorang melakukan pelanggaran biasanya langsung ditegur dan dikenakan denda. Besarnya denda bervariasi, sebagai contoh makan di halte bus akan dikenakan denda sekitar 500 dolar Singapura.

Jadi, saat berada di manapun pastikan untuk mencari plang aturan. Selanjutnya, baca dengan saksama agar tidak melakukan berbagai jenis kesalahan yang tidak perlu. Akan sangat merugikan jika tidak tahu aturan yang berlaku dan akhirnya terkena denda yang jumlahnya sangat besar.

5. Pemilihan Akomodasi

singapore hostel_

Akomodasi di Singapura sebenarnya bisa dipilih mulai dari yang harganya cukup murah hingga yang sangat mahal. Apabila ingin menyewa akomodasi yang murah disarankan ke hostel atau sejenisnya. Jadi, biaya per malam bisa sangat rendah. Anda bisa mencari berbagai akomodasi lewat aplikasi Traveloka.

Hindari untuk menyewa hotel yang digunakan banyak orang padahal batasnya hanya dua. Apabila melakukan ini, kemungkinan besar akan terkena denda. Lebih baik membayar biaya upgrade kamar dengan jumlah yang tidak terlalu besar daripada terkena denda yang jumlahnya lebih banyak.

6. Koneksi Internet

pocket wifi_

Lebih disarankan untuk koneksi internet menggunakan fitur roaming dari berbagai operator yang ada di Indonesia. Bisa juga menyewa wifi portable yang juga tersedia. Jadi akses internet yang ada di sana tidak akan mengalami gangguan sama sekali.

Apabila menggunakan koneksi internet dengan membeli kartu dari sana. Prosesnya cukup rumit sehingga akan sangat menyulitkan. Tentu Anda tidak mau mendapatkan koneksi internet hanya saat berada di dalam hotel saja, kan?

Berbagai aturan yang ada di Singapura memang sangat ketat khususnya yang berhubungan dengan wisatawan. Meski demikian, tidak ada alasan untuk merasa terbatasi. Anda harus menghormati apa yang sudah ditetapkan. Apalagi datang ke sana sebagai pelancong.

Untuk itu, sebelum datang ke Singapura ada baiknya untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Catat apa yang boleh dan dilarang di tempat umum sehingga bisa menghindari terjadinya denda yang jumlahnya cukup besar. Tentu Anda tidak mau liburannya terganggu, kan?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *