Peter Karl Eastland, Pakar Bau Khas Mobil Baru Lulusan Ilmu Kimia dan Forensik

Suara.com – Aroma mobil baru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian konsumen. Oleh karena itu, tidak heran banyak pabrikan kendaraan roda empat yang mempekerjakan tenaga kerja bidang khusus untuk menciptakan wangi khas dari tunggangan gres.

Aroma mobil baru adalah hasil dari sesuatu yang disebut off-gas. Aroma ini biasanya muncul saat bahan kimia yang digunakan pada plastik dan kain mobil baru tercampur ke sirkulasi udara di bagian interior.

Bebauan yang khas ini telah mendorong Nissan mempekerjakan tenaga khusus bernama Peter Karl Eastland. Jabatannya unik: engineer urusan aroma mobil baru.

Latar belakang sosok ini adalah gelar master di bidang kimia dan ilmu forensik dari Universitas Leicester, Inggris. Salah satu keandalannya adalah indera penciuman yang sangat tajam.

Baca Juga: Nissan LEAF Andalkan Motor Listrik Murni, di Mana Bisa Mengisi Ulang Baterai?

Tugas utama "The Nosey" Peter Karl eastland adalah mencium bau mobil baru dan komponen interiornya sebelum diluncurkan [Carscoops].
Tugas utama “The Nosey” Peter Karl eastland adalah mencium bau mobil baru dan komponen interiornya sebelum diluncurkan [Carscoops].

Pekerjaan Eastland adalah mencium bau mobil baru dan komponen interiornya sebelum diluncurkan.

Hal ini juga yang ia lakukan terhadap Nissan Qashqai terbaru. Peter Karl Eastland juga harus memastikan bahwa bahan yang dipilih berkontribusi terhadap aroma yang menyenangkan di dalam mobil.

“Ini adalah bagian dari tugas kami untuk memastikan bahwa bahan apa pun yang kami gunakan selalu sempurna dalam hal aroma dan keselarasan semua indera,” demikian jelas Peter Karl Eastland seperti dikutip dari Carscoops.

Ia menambahkan, bagian penting dari pekerjaannya adalah menilai suatu materi untuk menjaga pelanggan sebagai pusat fokus perusahaan.

Soal pakar aroma seperti dipekerjakan Nissan bukanlah sebuah hal baru. Audi juga mempekerjakan tim khusus untuk mengendus aroma mobil mereka sebelum dipasarkan.

Baca Juga: Toyota dan Nissan Ikut Aliansi Perlindungan Mobil Dari Aksi Peretasan

Parfum Ford Mach-Eau untuk padanan pengemudi Ford Mustang Mach-E [The Verge].
Parfum Ford Mach-Eau untuk padanan pengemudi Ford Mustang Mach-E [The Verge].

Selain aroma mobil baru, beberapa carmaker juga memproduksi parfum sebagai pendukung produk utama. Sebutlah parfum Ferrari, sampai Ford Mustang Mach-E dengan pendamping Mach-Eau.

Meski bukan bau kabin mobil baru, produk-produk parfum ini disukai beberapa pencinta otomotif. Karena merefleksikan kecepatan atau speed.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *