Masyarakat Penghasilan Rendah di Surabaya Akan Dibantu JPS

Surabaya: Kementerian Sosial (Kemensos) tidak memberikan bantuan kepada 25.304 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Surabaya, Jawa Timur. Belum diketahui pasti alasan mereka tidak menerima bansos dari Kemensos sejak pandemi covid-19.
 
Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dibantu Pemerintah Provinsi Jatim akan menyalurkan bansos dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS). Dari 25.304 MBR itu, sebanyak 19.054 MBR akan ditangani Pemkot Surabaya, sementara 6.250 MBR sisanya akan dibantu oleh Pemprov Jatim. 
 
“Pemkot Surabaya telah menganggarkan sebesar Rp3,8 miliar bansos JPS untuk meng-cover 19.054 MBR. Dana tersebut, merupakan anggaran tak terduga dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya Tahun 2021,” kata Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, Rabu, 15 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca juga: Kebun Binatang Bandung Bersiap Kembali Dibuka
 
Armuji memastikan seluruh MBR di Surabaya akan mendapatkan bansos. Mengingat MBR juga terdampak pandemi covid-19, sehingga pemerintah wajib membantu mereka.
 
“JPS APBD merupakan Komitmen Pemerintah Kota Surabaya untuk menjangkau warga MBR yang belum mendapatkan bantuan apa pun,” katanya.
 
Nantinya, Armuji mengimbau agar penyaluran JPS dilakukan secara disiplin protokol kesehatan (prokes). Pihaknya tidak ingin penyaluran bansos mengundang kerumunan, guna terhindar dari penyebaran covid-19. 
 
“Apalagi sekarang kasus covid-19 sudah melandai dan saya yakin Surabaya pasti bangkit kembali,” ujarnya.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *