Internal Taliban Dikabarkan Bertengkar atas Masalah Kepemimpinan

Kabul: Pertengkaran hebat terjadi antara jajaran tokoh Taliban atas pembentukan pemerintahan baru di Afghanistan. Kabar disampaikan beberapa tokoh senior Taliban kepada kantor berita BBC, Selasa, 14 September 2021.
 
Menurut mereka, argumentasi terjadi antara salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, dengan seorang anggota kabinet di istana kepresidenan Afghanistan di Kabul.
 
Terdapat sejumlah laporan yang belum dapat dikonfirmasi mengenai perselisihan paham di internal Taliban sejak Baradar menghilang dari pandangan publik dalam beberapa hari terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Taliban secara resmi membantah adanya perselisihan semacam itu.
 
Seorang sumber Taliban mengatakan kepada BBC Pashto bahwa Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani, menteri urusan pengungsian, adu mulut mengenai masalah kepemimpinan. Satu tokoh dari jaringan militan Haqqani juga dikabarkan turut bertengkar.
 
Di Qatar, seorang tokoh senior Taliban mengonfirmasi bahwa sebuah argumen pernah terjadi di istana kepresidenan di Kabul pekan kemarin. Pertengkaran dikabarkan terjadi karena Baradar, deputi perdana menteri, tidak senang dengan struktur pemerintahan interim di Afghanistan.
 
Ada juga laporan bahwa perselisihan ini terjadi atas masalah siapa yang paling berjasa dalam kemenangan Taliban di Afghanistan pada 15 Agustus lalu. Baradar dikabarkan meyakini bahwa kemenangan harus didasarkan pada diplomasi. Sementara grup Haqqani meyakini kemenangan harus dicapai melalui pertempuran.
 
Baradar adalah pemimpin pertama Taliban yang berkomunikasi langsung dengan seorang presiden Amerika Serikat. Ia pernah berdiskusi via telepon dengan Donald Trump di tahun 2020.
 
Sebelum itu, ia mewakili Taliban dalam menandatangani perjanjian Doha mengenai penarikan pasukan AS dari Afghanistan.
 
Baca:  Dikabarkan Meninggal, Pendiri Taliban Rilis Pernyataan Audio
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *