Tak Cocok untuk Ojol, Apple Sebut Ponselnya Mudah Rusak kalau Dipasang di Kemudi Motor

Suara.com – Saat ini, tak sedikit pengendara motor yang menggunakan ponsel saat berkendara dengan cara memasangkan alat komunikasi ini pada holder yang biasanya tersemat pada kendaraan roda dua.

Hal tersebut banyak dilakukan, tak cuma oleh pengendara motor yang sedang mencari, namun juga oleh para driver ojek online (ojol).

Rupanya hal ini tak direkomendasikan oleh pembuat ponsel ternama, Apple. Produsen smartphone mahal ini menyebutkan bahwa hal tersebut bakal membuat ponsel racikan mereka mudah rusak.

Dilansir oleh RideApart, pada 10 September 2021, Apple menerbitkan buletin baru yang menyarankan banyak pengguna iPhone model akhir agar tidak memasang perangkat mereka di sepeda motor.

Baca Juga: TERBARU Cara Bayar Pajak Online Kendaraan Tahun 2021

Mengutip dokumen secara langsung, “mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor bertenaga tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera.”

Sayangnya Apple tidak memberikan petunjuk apa pun tentang rentang frekuensi spesifik yang terlibat, atau apa yang didefinisikan sebagai “mesin sepeda motor berdaya tinggi.”

Perlu diingat bahwa di beberapa negara di dunia, sepeda di atas 400cc dianggap sebagai “sepeda besar”, sedangkan negara-negara lain seperti AS tampaknya berpikir bahwa apa pun di bawah 1.000cc itu kecil.

Logo Apple. [Pexels/Pixabay]
Logo Apple. [Pexels/Pixabay]

Patokan angka tersebut sebenarnya sangat membantu jika Anda adalah perusahaan internasional yang ingin memenuhi kebutuhan banyak orang dan berbagai kelompok orang.

Kemudian buletin tersebut juga menyebutkan bahwa “Disarankan juga untuk menghindari penggunaan reguler untuk waktu yang lama untuk lebih mengurangi risiko kerusakan.”

Baca Juga: Mengerikan! Salip Samping Kiri Truk, Pengendara Motor Tewas Terlindas di Cianjur

Lagi, mereka tak menjabarkan dengan rinci apa yang dimaksud dengan “periode berkepanjangan” dan/atau “penggunaan reguler”.

Model iPhone apa yang terpengaruh? MacRumors, yang pertama kali melihat dokumen dukungan baru, menambahkan bahwa perangkat sistem OIS dan AF loop tertutup yang menurut Apple berpotensi terkena dampak negatif oleh getaran sepeda motor, telah digunakan dari iPhone 7 ke depan. Selain itu, iPhone 6 Plus dan iPhone 6s Plus juga menggunakan sistem ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *