Hati-hati, Kamera iPhone Bisa Rusak Terkena Getaran Sepeda Motor

Suara.com – Belum lama berselang Apple menerbitkan dokumen yang memperingatkan para pengguna iPhone bahwa kamera di perangkat mereka bisa rusak oleh frekuensi getaran tertentu. Antara lain yang dihasilkan mesin sepeda motor berdaya tinggi.

Lensa kamera iPhone‌ dengan optical image stabilization (OIS) atau closed-loop autofocus (AF) rentan terhadap kerusakan ini, karena giroskop atau sensor magnetik berguna membantu mengkompensasi gerakan dan getaran saat mengambil foto atau video. Dengan makin tingginya frekuensi gerak atau getar maka stabilizator bisa gagal beroperasi.

Meski dalam dokumen itu dijelaskan sistem OIS dan AF loop pada iPhone dirancang memiliki ketahanan atau durabilitas,  namun seperti halnya perangkat elektronik lainnya, paparan langsung jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu mampu menurunkan kinerja sistem. Termasuk menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video.

Ilustrasi kamera iPhone. [Shutterstock]
Ilustrasi kamera iPhone. [Shutterstock]

“Disarankan untuk menghindarkan iPhone dari getaran amplitudo tinggi secara terus-menerus,” tulis dokumen itu, dikutip dari Macrumors.

Baca Juga: Tua, Langka dan Mahal, Motor Jadul Koleksi Warga Semarang Ini Diburu hingga Vietnam

Karena risiko ini, Apple menyarankan agar pengguna tidak memasang iPhone langsung ke sasis atau setang sepeda motor. Pasalnya dikhawatirkan perangkat akan menerima getaran langsung dari motor.

Apple merekomendasikan agar pengguna memasang perangkat mereka ke perangkat yang menghasilkan getaran rendah seperti moped dan skuter listrik. Atau setidaknya menggunakan perangkat pendukung seperti peredam getaran untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan.

Tidak jelas apakah ada alasan khusus mengapa Apple memposting dokumen itu, tetapi ada sejumlah laporan di forum diskusi terkait kerusakan yang disebabkan kondisi itu. Termasuk kondisi yang dihasilkan sepeda gunung.

Apple sebelumnya telah memperingatkan bahwa OIS dan sistem AF loop tertutup juga bisa mengalami gangguan magnetik yang menurunkan kinerja kamera saat digunakan dengan aksesori iPhone‌ tertentu. Meskipun masalah terkait magnet cenderung bersifat sementara dan bisa diatasi hanya dengan melepas aksesori.

Model yang kemungkinan akan mengalami kerusakan kamera adalah model iPhone‌ 7 dan seterusnya. Juga iPhone‌ 6 Plus dan iPhone‌ 6s Plus, yang memiliki OIS atau AF loop tertutup dan berpotensi terpengaruh.

Baca Juga: Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar, Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebih

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *