Perlombaan virtual dorong anak kreatif selama pandemi

Jakarta (ANTARA) – Perlombaan virtual mendorong anak untuk kreatif dalam memanfaatkan waktu di rumah selama pandemi COVID-19 dengan hal yang edukatif.

“Bentuk dukungan kami, Mentari Group, bagi para pelajar yakni dengan menyelenggarakan lomba koki cilik yang diikuti pelajar SD di Tanah Air,” ujar Penasihat Lomba Koki Cilik, Fatmawaty Fransiska, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Merasakan makna persahabatan dalam “Koki-koki Cilik 2”

Lomba yang diselenggarakan secara virtual itu diadakan secara seru dan menyenangkan. Lomba itu dimulai sejak 26 Juli 2021 dan akan berakhir pada 16 September 2021.

“Lomba Koki Cilik telah diikuti oleh 575 pelajar SD dari Aceh hingga Jayapura. Kami bahagia sekali melihat antusiasme para siswa Indonesia dalam memberikan penampilan terbaiknya melalui video memasak. Lomba Koki Cilik sendiri adalah bagian dari program Pelajar Berkreasi,” kata dia.

Baca juga: Ringgo Agus Rahman senang bisa reuni bareng Christian Sugiono

Pelajar Berkreasi merupakan seri perlombaan persembahan Mentari Group yang mendukung pelajar untuk mengasah kemampuan literasi, numerasi, karakter, dan kreativitas.

Kegiatan itu telah diadakan sejak Maret hingga November 2021, dan akan menjadi kegiatan tahunan. Pada Lomba Koki Cilik, para siswa mengirimkan video memasak mereka dengan tema “Masakan Sehat”. Melalui kegiatan itu, siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi melalui presentasi, meningkatkan kemampuan literasi melalui pemahaman resep, dan memperluas pengetahuan Sains dengan memahami kandungan pada bahan makanan.

Baca juga: Ringgo Agus Rahman main lagi di “Koki Koki Cilik 2”

Mentari Group menggandeng Universal Services Surabaya dan The Singapore Hotel and Tourism Education Centre (Shatec), sebuah sekolah kuliner dan perhotelan ternama di Singapura, dalam menjalankan rangkaian Lomba Koki Cilik. Saat ini, peserta telah diseleksi oleh tim juri sehingga mendapatkan 30 finalis. Pemenang Lomba Koki Cilik akan ditentukan dari nilai tim juri (termasuk koki profesional dari Shatec) dan pemungutan suara oleh warganet di YouTube Mentari Group. Pemenang diumumkan pada 16 September 2021.

Sebagai apresiasi Mentari Group terhadap para finalis dan seluruh peserta Lomba Koki Cilik, Mentari Group mengadakan demo masak bersama Shatec. Dengan demikian, para pelajar dapat makin semangat berkarya melalui masakan dan terinspirasi untuk meraih cita-citanya menjadi koki. Demo masak diadakan dengan tema “Seni Menata Makanan (The Art of Plating)” melalui Zoom untuk para finalis dan siaran langsung YouTube yang dapat diakses untuk umum. Demo masak dipandu oleh Chef Samson Lin sebagai Chef Ambassador dari Shatec dan Chef Jay Teo yang menjabat Kepala Koki di Cheek Bistro (Restoran Singapura dengan predikat Michelin Star).

Baca juga: “Koki Koki Cilik 2” hadirkan pemain-pemain baru

Chef Samson Lin sebagai salah satu juri dari Lomba Koki Cilik mengaku tidak menyangka dan sangat mengapresiasi para pelajar Indonesia karena telah memasak layaknya seorang koki profesional di usia muda.

“Sebagai seorang koki, kita harus menjadi pribadi yang inovatif dan memiliki passion. Saya sudah lihat video-video Anda dan saya melihat passion Anda dalam memasak. Benar-benar luar biasa,” kata Samson. ***3***

Pewarta: Indriani
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *