Ilmuwan Kembangkan Sistem ‘Gowes-by-Wire’, Kayuh Sepeda Bisa Sekencang Motor?

Suara.com – Salah satu imbas berkembangnya kendaraan elektrik adalah mulai munculnya tunggangan-tunggangan segmen baru yang cukup ambigu.

Kendaraan jenis baru ini biasanya sulit diklasifikasikan, karena mereka merupakan perpaduan dari beberapa jenis kendaraan yang ada, seperti yang satu ini.

Dilansir dari RideApart, saat ini ilmuwan sedang mengembankan perangkat kayuh sepeda yang bisa membuat penunggangnya bisa melenggang secepat motor.

Piranti tersebut dibuat oleh pembuat komponen motor asal Jerman, Schaeffler, di mana sistem baru tersebut dinamai dengan sebutan ‘Free Drive’.

Baca Juga: Tampil dalam Warna Baru, Yamaha Mio M3 125 Berikan Empat Pilihan

Perangkat atau piranti ini berwujud seperti sistem pedal sepeda. Namun bukan sembarang pedal, terdapat teknologi unik yang dinamai dengan istilah ‘bike-by-wire’.

Sepeda elektrik Senate Bill 400 (SB 400). (Autoevolution.com)
Ilustrasi sepeda listrik. (Autoevolution.com)

Sistem ini memungkinkan energi gerak yang dihasilkan dari genjotan pedal diubah menjadi energi listrik.

Energi ini mengalir ke motor penggerak di belakang. Selain itu energi yang tersisa bisa dialihkan ke baterai.

Teknologi ini membuat sepeda tak butuh rantai dan seperangkat sistem transmisi, karena laju kendaraan bisa diatur melalui piranti elektronik, membuat pemilik kendaraan ini tak kerepotan untuk melakukan perawatan.

Sistem ini bisa diaplikasikan juga pada skuter, agar mereka bisa punya sumber energi darurat saat baterainya kehabisan daya.

Baca Juga: Tekan Produksi Sampah, Nestle Tawarkan Program Isi Ulang Pakai Sepeda Siklus

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *