PSV restorasi kedudukan di puncak selepas hantam AZ Alkmaar

Jakarta (ANTARA) – PSV Eindhoven merestorasi kedudukan mereka di puncak klasemen Liga Belanda selepas menghantam tuan rumah AZ Alkmaar dengan skor 3-0 dalam laga pekan keempat di Stadion AFAS, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

PSV sempat digusur oleh Ajax dari puncak klasemen beberapa jam sebelumnya, tetapi tim besutan Roger Schmidt itu kembali ke pucuk dengan koleksi 12 poin penuh unggul dua poin atas sang juara bertahan.

Sedangkan AZ (3) yang baru memainkan tiga pertandingan musim ini turun ke urutan ke-13 klasemen setelah disalip Twente (4), demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: PSV kuasai puncak jelang jeda internasional

Olivier Boscagli membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-14 setelah menaklukkan kiper Peter Vindahl dengan tembakan jarak jauh menyelesaikan umpan sodoran Philipp Mwene.

Tuan rumah nyaris membalas dua menit jelang turun minun tetapi tembakan Zakaria Aboukhlal dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diamankan kiper Joel Drommel.

Keunggulan PSV baru bertambah pada menit ke-69 saat Yorbe Vertessen menyarangkan bola ke area tiang jauh dengan tembakan menyilang yang gagal diantisipasi Vindahl.

Baca juga: Sebastian Haller usung Ajax kembali ke jalur kemenangan

Baca juga: AZ Alkmaar raup kemenangan perdana, NEC lanjutkan tren positif

Vertessen kembali memberikan peran besarnya untuk gol ketiga PSV setelah umpan sundulannya dalam situasi sepak pojok disambar tembakan keras Ritsu Doan untuk melengkapi kemenangan tim tamu jadi 3-0.

Kedua tim selanjutnya akan main di Eropa pada Kamis pekan depan saat PSV menjamu Real Sociedad di Stadion Philips dalam Liga Europa dan AZ bertandang ke Denmark menghadapi Randers di ajang Liga Conference.

Tiga hari berselang, PSV akan menghadapi Feyenoord dan AZ menyambangi markas Heracles Almelo dalam lanjutan Liga Belanda.

Baca juga: Ajax hujani gawang Vitesse lima gol tanpa balas

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *