Ngeri! Hoaks Daging Anjing Sembuhkan Covid-19 Diumbar Pedagang Pasar Senen

Jakarta: Animal Defenders Indonesia (ADI) baru-baru ini menginvestigasi jaringan penjual daging anjing ilegal di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dalam video yang didapat ADI, penjual secara terang-terangan membual tentang khasiat daging anjing untuk penyembuhan covid-19.
 
“Salah satu trigger kami mengusut perdagangan daging anjing ini karena ada penyesatan info bahwa daging anjing jadi obat untuk covid-19. Padahal tidak pernah ada penelitian yang membuktikan,” ujar pendiri ADI Doni Herdaru dalam tayang Metro Siang di Metro TV, Minggu, 12 September 2021.
 
Klaim sesat daging anjing sebagai obat seperti ini sering diumbang penjual daging anjing. Pasalnya, sempat tersebar pula hoaks semacam ini sempat muncul saat musim flu burung bertahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Di sisi lain, penjualan daging anjing jelas melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kemudian, UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.
 
Selain melanggar hukum, konsumsi daging anjing pun memiliki beberapa konsekuensi bagi kesehatan. Salah satunya, penyebaran rabies.
 
“Menurut penelusuran, produsen daging anjing berasal dari Jawa Barat. Pelabuhan Ratu, Ciamis, dan daerah lain yang masih merupakan daerah yang tingkat rabiesnya tinggi,” tegas Doni. (Mentari Puspadini)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *