6 Cara Bersihkan Peralatan Dapur yang Benar

Jakarta: Sering memasak artinya akan ada banyak pembersihan peralatan dapur. Dan tanpa metode membersihkan yang tepat, peralatan dapur kamu justru bisa menjadi rusak atau timbul bakteri. 

Tapi semua bisa diatasi, karena sebenarnya membersihkan perkakas atau peralatan dapur itu mudah asalkan tahu teknik yang tepat. Persis seperti apa yang sudah diwartakan oleh Escoffier.
 

1. Besi antikarat

Trik mencuci peralatan dapur dari bahan ini adalah cuci menggunakan tangan dengan air panas berisi sabun cair. 

Jika ada bekas masakan yang gosong (kerak), buatlah larutan air hangat dari soda kue. Biarkan selama beberapa menit, dan gosok dengan sisi kasar sabut pencuci. Jangan gunakan sabut kawat, karena berisiko menggores panci. 
 

2. Wajan besi

Perawatan wajan dari besi ini tidak sulit. Jangan gunakan sabun, karena wajan besi akan kehilangan sifat antilengketnya. Sebagai gantinya, bilas wajan saat masih hangat dan gosok dengan sikat. 

Jika ada kerak yang membandel, tambahkan sedikit garam kasar dan air, lalu gosok. Bilas sampai bersih. Karat adalah musuh besi. Jadi, setelah wajan dicuci, panaskan wajan di atas kompor atau dalam oven selama beberapa menit untuk memastikan air telah menguap.

dapur
(Agar permukaan antilengket tidak rusak rendam dalam air sabun panas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Panci antilengket 

Agar permukaan antilengket tidak rusak, gunakan air sabun dan spons lembut untuk membersihkanya. Untuk lengket yang membandel, rendam dalam air sabun panas. 
 

4. Pisau 

Ingat, jangan permah mencuci pisau dalam mesin pencuci piring. Karena, panas dan detergen akan membuat pisau tumpul sebelum waktunya. Cukup cuci pisau dengan air dan sabun. 
 

5. Talenan 

Keamanan talenan plastik versus kayu telah diperdebatkan selama berabad-abad. Plastik lebih mudah untuk dibersihkan. Talenan plastik juga aman dicuci menggunakan mesin pencuci piring. Siklus panas bisa membuatnya bagus dan bersih. 

Jika mencuci dengan tangan, gunakan sikat gosok yang kuat dan bisa masuk ke setiap alur (bekas jejak pisau). 

Sedangkan talenan kayu, harus dicuci menggunakan tangan dengan air dan sabun. Kemudian disangga tegak hingga kering. 

Setiap bulan atau lebih, taburi talenan dengan garam dan gosok dengan potongan lemon. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dan dikeringkan. Papan kayu juga harus diminyaki setiap bulan dengan minyak mineral food grade agar tidak mengering.
 

6. Parutan keju 

Mesin pencuci piring dapat mengurangi masa pakai alat baja tahan karat ini, jadi sebaiknya cuci dengan tangan. Cobalah untuk membersihkannya segera setelah digunakan, sebelum keju atau sayuran mengering dan tersangkut. 

Rendam dalam air sabun hangat selama beberapa menit sebelum menyeka dengan spons sabun ke arah pisau. Bilas sampai bersih. Jadi, rawatlah peralatan dapurmu agar umur mereka panjang dan menghindari penggantian yang mahal.

Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *