Lagu PON XX Papua 2021 “Torang Bisa” Resmi Diluncurkan

Jakarta: Lagu PON XX Papua 2021 akhirnya resmi diluncurkan. Lagu ini berjudul “Torang Bisa”, diciptakan dengan makna yang mendalam untuk menyemarakkan penyelenggaraan rangkaian acara PON XX Papua 2021.
 
“Lagu ini kita berbicara tentang kesiapan Papua. Ada lirik ‘dari Timur Indonesia kami siap menyambutmu’,” ujar pencipta lagu “Torang Bisa”, Etho Ririmasse, di Gedung Metro TV.
 
“Itu betul-betul kita dari Papua siap menjadi tuan rumah yang baik, menjadi partner kerja, mendukung menjaga sportifitas. Terakhirnya ada lirik ‘angkat tangan sama-sama untuk Indonesia’,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ketua Bidang II PB PON XX Papua 2021, Roy Letlora, sepakat bahwa lagu ini menyangkut Papua sebagai tuan rumah. Digambarkan bagaimana antusias Papua dalam menyambut saudara-saudara dari 33 provinsi. Papua mampu mengadakan event besar seperti ini. 
 
“Pada lagu ini kita menekankan pada aspek kebersamaan kita di tengah keberagaman kita. Papua bisa merangkul seluruh saudara kita dari luar, karena kita membawa citra bangsa dalam olahraga,” papar Roy Letlora.
 
Sementara itu, Presiden Joko Widodo memastikan PON XX Papua akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan slogan “Torang Bisa!” Terdapat dua Maskot PON XX Papua yang merupakan hewan khas Papua.
 
Pertama ialah Kangguru Pohon yang diberi nama Kangpho. Kedua, Burung Cendrawasih yang diberi nama Drawa.
 
Kanguru pohon selama ini populer sebagai satwa khas Australia, namun nyatanya ada di Papua. Sedangkan Drawa, adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm, yang dikenal sebagai warisan Papua.
 
Drawa dan Kangpho dilengkapi dengan rumbai dari kulit kayu atau akar pohon, juga dilengkapi dengan hiasan ukiran Papua pada pinggangnya. Dua maskot ini mengenakan ikat kepala khas Papua yang berbentuk rumbai dan kerucut menyerupai gambaran pegunungan tengah Papua yang dikelilingi oleh gunung. 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *