Basuki Tjahaja Purnama Optimistis Restrukturisasi Pertamina Berjalan Baik

Jakarta: Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan optimismenya dalam restrukturisasi Pertamina, termasuk transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) baik di ranah holding maupun subholding. Tentu harapannya restrukturisasi itu memicu peningkatan bisnis di masa mendatang.
 
“Kita bersyukur, saya ditugaskan di sini dengan rekan dewan komisaris, kita telah berhasil meyakinkan kerja sama dengan baik dengan direksi,” ujar Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok, dilansir dari Antara, Sabtu, 11 September 2021.
 
“Sekarang sudah ada procurement secara digitalisasi kita kontrol dengan baik. Kita juga sudah ada tanda tangan disposisi digital jadi kita bisa bebas bekerja di mana-mana dan Pertamina sangat baik,” tambah Ahok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut Ahok, pengelolaan SDM di Pertamina semakin baik, dan dirinya mendukung terus transformasi organisasi dan pengelolaan SDM. “Kami mendukung terus transformasi organisasi dan pengelolaan SDM, termasuk dengan memastikan adanya sistem penilaian dan pemberian remunerasi pekerja yang adil dengan berbasis kinerja. Saya bilang Pertamina paling top,” ucapnya.
 
Selain dukungan performa manajemen dan SDM yang berkualitas, Pertamina juga terus mengembangkan bisnis proses yang terdigitalisasi, antara lain melalui Pertamina Integrated Command Center, digital signature, digitalisasi SPBU, dan aplikasi MyPertamina.
 
Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ingin Pertamina mampu mencapai target menjadi korporasi dengan nilai pasar USD100 miliar setelah pembentukan enam subholding BUMN migas tersebut.
 
Menteri BUMN menambahkan Presiden berharap Pertamina terus meningkatkan pelayanan publik, tetapi yang terpenting adalah membangun ekosistem supaya Pertamina bisa bersaing dan mendorong value added.
 
Ia mengingatkan lompatan-lompatan yang berjalan saat ini tetap terjaga dan sesuai dengan lima Key Performance Indicator di Kementerian BUMN, yakni menyeimbangkan antara korporasi dan pelayanan publik, kembali kepada core business dan menjadi excellent, inovasi digital dan R&D untuk menjadikan Pertamina technology company, dan transformasi human capital.
 
Setelah menuntaskan proses restrukturisasi melalui penandatanganan sejumlah dokumen legal (legal end-state) awal September lalu, PT Pertamina (Persero) mengukuhkan tekadnya untuk mengejar aspirasi pemegang saham mencapai nilai pasar USD100 miliar dan Global Energy Champion pada 2024.
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *