Cara agar Lolos Tahap Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20

Jakarta: Kartu Prakerja gelombang 20 sudah dibuka sejak Kamis, 9 September 2021. Peserta yang ingin mendaftar dapat mengunjungi situs resmi www.prakerja.go.id. 
 
“Pembukaan gelombang akan berlangsung beberapa hari, jadi tidak perlu buru-buru. Isi data diri dengan benar,” dikutip dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Jumat, 10 September 2021. 
 
Proses seleksi tidak mengacu pada siapa yang mendaftar pertama. Anda tak perlu terburu-buru mengisi pendaftaran peserta. Isi data dengan benar maka kemungkinan lolos akan jauh lebih besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Setidaknya ada dua verifikasi yang dilalui sebelum peserta dinyatakan lolos. Pertama, verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) dengan data di Dukcapil. NIK yang tidak terdaftar otomatis gugur. 
 
Kedua, verifikasi terkait daftar terlarang seperti masih aktif sekolah atau kuliah. Selain itu, calon peserta sudah pernah menerima bantuan sosial lainnya dari kementerian/lembaga terkait. Serta peserta yang terdaftar sebagai anggota TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD, dan perangkat desa.
 
Baca:  Di Luar Pulau Jawa, Sumut Jadi Peserta Terbanyak Program Kartu Prakerja
 
Peserta yang lolos seleksi kartu prakerja akan mendapat total insentif Rp3,5 juta. Insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan diberikan secara berkala selama 4 bulan. 
 
Peserta juga akan mendapatkan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali. Insentif baru cair usai menyelesaikan pelatihan hingga memberi ulasan program kartu prakerja. 
 
Pendaftar program kartu prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan, maupun pelaku wirausaha.
  
Bagi Anda yang tertarik, berikut langkah pendaftaran di www.prakerja.go.id. 
1. Buat akun kartu prakerja dengan memasukkan email dan password. Klik Daftar.
2. Buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email. Pendaftaran akun berhasil.
3. Masuk ke dashboard akun via browser HP.
4. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir pada bagian verifikasi KTP. Lalu klik Lanjutkan.
5. Lengkapi data diri. Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai.
6. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callce[email protected]
7. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar. Pastikan mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP.
8. Pada bagian verifikasi nomor handphone, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP. Klik Verifikasi. 
9. Isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi.
10. Klik Oke. 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *