Kolaborasi Program Ayah Angkat, Yayasan Astra Perkuat Rantai Pasok Otomotif

Suara.com – Pada Rabu (8/9/2021) digelar talkshow secara virtual tentang rantai pasok otomotif, yang diberi tajuk “Semangat Kolaborasi Memperkuat Global Supply Chain Industri Otomotif di Indonesia.

Sebagai narasumber, hadir Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian RI Ir. Dini Hanggandari, MSi., Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala, Direktur YPTI Prasetyo Yulianto Paulus serta CV Kurnia Teknik Sarwoko dengan dimoderatori oleh Staf Communication & Information System YDBA Agustin.

Dikutip dari kantor berita Antara, dalam talkshow itu Direktur YPTI (Yogya Presisi Tehnikatama Industri) menyampaikan program Ayah Angkat, yang dilakukan secara kolaborasi antara Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bersama YPTI. Inilah program kolaborasi pertama yang dilakukan YPTI.

Talkshow "Semangat Kolaborasi Memperkuat Global Supply Chain Industri Otomotif di Indonesia" yang dihadiri empat narasumber: Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian RI Ir. Dini Hanggandari, MSi.(kiri atas), Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala (kanan atas), Direktur YPTI Prasetyo Yulianto Paulus (tengah atas) serta Industri Kecil dan Menengah Solo CV Kurnia Teknik Sarwoko (kanan bawah) dengan dimoderatori oleh Staf Communication & Information System YDBA Agustin (kiri bawah) dalam acara Penandatanganan MoU Ayah Angkat Kolaborasi YDBA dan PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) (08/09). (ANTARA/ Yayasan Dharma Bakti Astra)
Talkshow “Semangat Kolaborasi Memperkuat Global Supply Chain Industri Otomotif di Indonesia” yang dihadiri empat narasumber: Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian RI Ir. Dini Hanggandari, MSi.(kiri atas), Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala (kanan atas), Direktur YPTI Prasetyo Yulianto Paulus (tengah atas) serta Industri Kecil dan Menengah Solo CV Kurnia Teknik Sarwoko (kanan bawah) dengan dimoderatori oleh Staf Communication & Information System YDBA Agustin (kiri bawah) dalam acara Penandatanganan MoU Ayah Angkat Kolaborasi YDBA dan PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) (08/09). (ANTARA/ Yayasan Dharma Bakti Astra)

Program itu dinilai bukan hanya memberikan kesempatan YPTI untuk berbagi ilmu maupun pasar kepada Industri Kecil dan Menengah, tetapi memberi manfaat dalam meningkatkan produktivitas bisnis yang dijalankan YPTI.

Baca Juga: Jepang Ajak Perusahaan Otomotif Negerinya Bentuk Konsorsium Bersama Indonesia

YDBA yang fokus membina Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Tanah Air, mendukung program global supply chain yang memiliki dampak terhadap perkembangan bisnis IKM. Salah satunya dilakukan melalui program Ayah Angkat terhadap YPTI.

Dalam program ini YDBA berkolaborasi dengan stakeholder untuk membina dan memberi kesempatan kepada IKM dalam memasok produk sesuai standar quality, cost & delivery (QCD) yang dibutuhkan stakeholder.

“Kami berharap program kolaborasi YDBA dan YPTI yang telah memberi kesempatan sembilan industri kecil dan menengah binaan YDBA di Solo untuk memasok produknya ke YPTI dalam jumlah komponen lebih dari 47 ribu pieces, dengan nilai transaksi lebih dari Rp1,5 miliar ini dapat terus memompa semangat IKM, tidak hanya di Solo, namun di seluruh Indonesia,” jelas Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala secara virtual daalm talkshow itu.

Ia berharap akan ada banyak lagi ayah angkat yang turut memberi kesempatan IKM untuk memasok produknya dan menjadi bagian dari supply chain industri otomotif di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama YPTI Petrus Tedja Hapsoro dalam sambutannya mengajak para pelaku industri untuk saling berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga: Kerja Sama Komunitas Otomotif, IOF Sulsel Hadirkan Vaksinasi di Makassar

Ia juga mengajak IKM yang telah menjadi bagian dari supply chain industri di Indonesia untuk terus komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada customer dengan membenahi teknologi, SDM, informasi dan organisasi yang ada dalam IKM.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *