Ini Makna Warna yang Muncul di Aplikasi PeduliLindungi

Jakarta: Pemerintah memberlakukan syarat perjalanan terbaru selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Salah satunya dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan maupun tempat umum. 
 
Aplikasi dipakai untuk skrining kesehatan masyarakat yang telah divaksinasi covid-19. Masyarakat yang ingin bepergian atau mengunjungi tempat publik setidaknya sudah menerima suntikan dosis pertama. 
 
Bukti vaksinasi covid-19 itu didapat dari aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat yang memasuki tempat umum akan diminta melakukan scan barcode melalui aplikasi tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Cara Pakai Aplikasi Pedulilindungi untuk Naik KRL
 
Setelah melakukan scan barcode, nantinya muncul tampilan warna yang berbeda-beda seperti hitam, merah, oranye, dan hijau. Lalu apa makna warna yang ditampilkan di aplikasi PeduliLindungi? Simak penjelasannya:

1. Warna hitam

Warna hitam menjadi kategori baru dalam warna zonasi di aplikasi PeduliLindungi. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan menjelaskan warna ini berlaku bagi mereka yang terpapar covid-19 atau mereka yang merupakan kontak erat pasien positif covid-19.
 
“Akan ditambahkan warna hitam yang teridentifikasi positif covid-19 atau kontak erat sehingga kita bisa lebih cepat dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran kasus,” kata Luhut. 
 
Pengguna aplikasi PeduliLindungi yang mendapat warna hitam dilarang beraktivitas di tempat umum. Mereka harus segera menjalani isolasi. 

2. Warna merah

Warna merah artinya pengguna belum mendapat suntikan vaksin covid-19. Mereka yang memiliki status warna ini di aplikasi PeduliLindungi tidak diizinkan masuk ke tempat umum. Mereka juga dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi. 

3. Warna oranye

Warna oranye menunjukkan bahwa pengguna aplikasi PeduliLindungi diizinkan masuk ke dalam ruang publik. Namun, pengguna tetap harus menyesuaikan kebijakan dari pengelola setempat. 

4. Warna hijau

Warna hijau yang muncul pada aplikasi PeduliLindungi menandakan bahwa pengguna bisa melanjutkan aktivitas di dalam ruang publik. Warna hijau artinya pengguna telah menerima suntikan vaksin covid-19 minimal dosis pertama.  
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *