Honda Uji Coba Mobil Swakemudi, Ini Teknologi yang Bakal Diterapkan

Suara.com – Honda tengah menggarap rangkaian uji coba Cruise AV, kendaraan MaaS (Mobility as a Service) yang dikembangkan bersama Cruise dan General Motors. Kekinian, Nikkei Asia menyingkap teknologi otonom mobil ini.

Disebutkan bahwa untuk mobil swakemudi perdana Honda ini, akan menggunakan teknologi mengemudi otonom level 3. Sementara pengetesan berlangsung di Prefektur Tochigi, di mana pabrik dan berbagai fasilitas Honda tersedia di Kota Utsunomiya serta Kota Haga.

Pada dasarnya, teknologi yang digunakan Honda sama dengan sistem autopilot Tesla serta Cadillac Super Cruise.

Keduanya menggunakan software level 2 yang mengkontrol mobil untuk tetap berada di jalur dan mengikuti kendaraan yang ada di depan, mengerem, serta berakselerasi sesuai kondisi jalan.

Baca Juga: Berlokasi di Utsunomiya, Honda Akan Uji Program Mobil Swakemudi untuk MaaS

Mobil otonom dari Honda (ANTARA/Honda)
Mobil otonom dari Honda (Honda via ANTARA)

Namun level 3 memiliki kemampuan mengambil alih semua fungsi keselamatan dalam beberapa hal, disebut sebagai “otonom bersyarat”, bisa beroperasi tanpa pengawasan pengemudi.

Apa yang dilakukan Honda bisa dibilang jauh melampaui pabrikan Jepang lainnya. Walaupun dalam teknologi otonom Negeri Matahari Terbit tertinggal dari China dan Amerika Serikat.

“Dari tiga hingga empat negara otomotif terkenmuka dunia, Jepang adalah salah satu yang paling lambat merangkul teknologi otonom. Situasi ini mungkin bakal berubah,” jelas Tu Le, kepala Sino Auto Insights, seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Sino Auto Insights adalah konsultan teknologi dan otomotif yang berbasis di Beijing. Dari analisanya, pada Juli 2021 badan ini menempatkan Jepang di peringkat ke-11 dalam hal kesiapan kendaraan otonom. Atau turun satu peringkat dari tahun sebelumnya.

Namun baik Honda dan pemerintah Jepang melihat peluang besar mereka untuk masuk ke segmen mobil swakemudi.

Baca Juga: Usai Berembuk dengan Great Wall Motors, Xiaomi Rekrut Staf untuk Mobil Swakemudi

Kazuo Shimizu, mantan pembalap mobil yang sekarang bekerja di sektor pemerintahan Jepang mengatakan bahwa hambatan utama mobil otonom level 3 di negerinya bukanlah teknologi. Melainkan hukum dan peraturan.

“Sehingga Audi dari Jerman menjadi yang pertama meluncurkan sedan A8 dengan teknologi “Traffic Jam Pilot” pada 2017,” ulas Kazuo Shimizu.

Carmaker Audi menyematkan sistem Traffic Jam Pilot pada Audi A8 dengan kinerja sistem pengendaraan sangat otomatis level 3. Mengambil kendali penuh dalam berkendara di lalu lintas hingga 60 km per jam di jalan raya. Juga bisa memilah jalan raya dengan mengatur start, akselerasi, kemudi, dan pengereman di dalam jalurnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *