Desainer Mercedes-Benz: Desain Sedan Tiga Kotak Mulai Ketinggalan Zaman

Suara.com – Pembuat mobil asal Jerman, Mercedes-Benz menyatakan bahwa perlahan akan mulai meninggalkan desain sedan tiga kotak. Yaitu sebutan untuk ruang mesin, kabin penumpang, dan bagasi pada setiap model yang diproduksi pabriknya.

Kepala desain Mercedes-Benz, Gorden Wagener mengatakan, kehadiran kendaraan elektrifikasi telah mematikan desain sedan tradisional.

“Dengan adanya baterai, sedan tiga kotak tidak terlihat bagus. Harus menggunakan desain yang lebih menarik secara visual,” kata Gorden Wagener, dikutip dari Carscoops.

Lewis Hamilton dan Mercedes-Benz EQS. (Twitter/@MercedesBenzUSA)
Lewis Hamilton dan Mercedes EQS (Twitter/@MercedesBenzUSA)

Ia menambahkan, hal ini menjadi alasan Mercedes-Benz datang dengan desain yang berani untuk model-model mobil listriknya. Yaitu grup Mercedes EQ.

Baca Juga: Pengamat Otomotif: Tidak Semua Pabrikan Mobil Siap Beralih ke Kendaraan Listrik

Dengan demikian, elektrifikasi atau munculnya kendaraan listrik akan mengubah proporsi mobil.

Selain itu, menurut Wagener, kehadiran mobil listrik juga akan memiliki implikasi lebih luas. Para desainer mungkin harus melepaskan diri dari desain sedan lama demi inspirasi desain yang semakin berteknologi.

“Akibatnya mobil-mobil listrik jadinya memiliki desain yang sangat mirip. Apakah produk-produk ini terlihat agresif? Tidak. Namun dirancang agar terlihat seperti superkomputer di atas roda,” ungkap Wagener.

Kabin New Mercedes EQB, dengan style compact di sektor interior, namun lapang di kabin dan wheelbase panjang [Mercedes-EQ via ANTARA].
Kabin New Mercedes EQB, sebagai ilustrasi [Mercedes EQ via ANTARA].

Perubahan sudut pandang dan rancangan visual atas kendaraan penumpang pun menjadi sangat menantang dan membuat para desainer mobil bekerja lebih keras.

Gorden Wagener sendiri menyebutkan ia tidak menyesali ketika desain sedan tiga kotak mulai tersingkirkan.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Gunakan Mobil Listrik, Begini Strategi Pemerintah Korea Selatan

“Saya selalu suka ketika ada sesuatu yang lebih futuristik tiba. Itulah mengapa elektrifikasi adalah kesempatan besar untuk mengubah banyak hal, dan perubahan selalu baik,” tutupnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *