Clubhouse sematkan ragam fitur dan sesi baru di aplikasi

Jakarta (ANTARA) – Platform media sosial berbasis suara Clubhouse menyematkan sejumlah pembaruan dan beragam fitur menarik bagi para penggunanya.

Mengutip keterangan resminya pada Kamis, salah satu pembaruan yang dihadirkan adalah Clubhouse menghapus sistem “Daftar Tunggu (waitlist)“.

Sebelumnya saat pertama kali muncul, Clubhouse memiliki sistem yang mengharuskan pengguna baru untuk mendapatkan “undangan” dari pengguna lainnya untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Namun, kini sistem tersebut telah dihapus. Kini semua orang dapat langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu “undangan” dari pengguna lainnya.

Baca juga: Clubhouse hadirkan ruang diskusi tentang kesehatan mental
​​

Baca juga: Clubhouse untuk perangkat Android telah tersedia secara global

Lebih lanjut, ada fitur pesan instan “Backchannel” yang dapat mempermudah para Clubhousers untuk berkomunikasi antar sesama pengguna.

Baru-baru ini, Clubhouse juga menghadirkan fitur “Audio Spasial” yang membuat percakapan terasa lebih hidup.

Fitur ini dirancang untuk membuat para pengguna merasa lebih tenggelam dalam percakapan dan membuat audio yang didengarkan terasa lebih hidup dan dekat dengan pendengar.

Clubhouse kini mempermudah pengguna untuk bergabung di “klub” Clubhouse tanpa harus mengikuti (follow) klub tersebut.

“Clubhouse menyederhanakan banyak hal dengan menghilangkan sistem ‘Followers‘ di Klub. Hal tersebut membuat Clubhousers dapat langsung bergabung menjadi anggota Klub dengan sistem ‘keanggotaan’,” jelas Clubhouse.

“Jika Anda adalah Admin sebuah Klub, Anda dapat mengatur Klub tersebut dengan menjadikan keanggotaan dari Klub tersebut secara ‘open’ atau ‘terbuka’, artinya siapa pun dapat bergabung sebagai anggota Klub itu,” imbuhnya.

Atau pilihan lain adalah ‘by approval’, artinya pengguna secara manual menerima satu per satu permintaan pengguna lain yang ingin menjadi anggota Klub.

Aplikasi juga menyediakan “orientasi” bagi pengguna baru melalui terdapat room bernama “New Member Orientation” atau “Orientasi Anggota Baru” setiap Kamis pukul 07:00 WIB yang dipimpin langsung oleh para pendiri Clubhouse, yaitu Paul Davison dan Rohan Seth; serta Head of Community Clubhouse Anu Atluru.

“Mereka secara langsung akan menyambut dan mengajarkan Anda tentang fitur dan cara menggunakan Clubhouse,” kata Clubhouse.

Baru-baru ini, Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah platform untuk mendukung kesuksesan para kreator di Clubhouse.

Clubhousers dapat menemukan informasi tentang Clubhouse dan tips untuk membuat “room” dan membuat “klub”, serta menentukan topik yang menarik untuk didiskusikan.

Pengguna juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang cara bekerja sama dengan brand dan agensi.

Aplikasi juga menyediakan sesi Town Hall yang dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 23.00 WIB di klub “Clubhouse HQ”.

Di sesi ini, para pendiri serta Head of Community Clubhouse akan menyampaikan secara langsung informasi-informasi tersebut.

Rekap Town Hall Clubhouse juga akan tersedia dalam Bahasa Indonesia setiap Rabu pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Clubhouse luncurkan efek audio spasial, bantu obrolan lebih hidup

Baca juga: Musisi lintas generasi bincang musik di “Tribute to”

Baca juga: Clubhouse lindungi privasi pengguna mereka di Afganistan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *