Best 5 Oto: Rolls-Royce Bespoke, Panser Anoa Masuk Bursa, Klakson Mobil Pakai Suara Tabla

Suara.com – Ransus atau kendaraan khusus, Rolls-Royce, bespoke, panser Anoa, Concours d’Elegance,  baterai motor listrik, swappable, Honda, KTM, Yamaha, Piaggio, chip Intel, IAA Mobility 2021, klakson mobil, tabla dan seruling, sampai konsorsium menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com.

Soal polusi, tidak sebatas udara, bunyi-bunyian pun memiliki level yang bisa melewati ambang batas serta mengganggu pendengaran manusia. Di India, suara klakson disebutkan sudha kelewat berisik. Warga yang berniat melakukan meditasi lewat tengah malam pun mengalami gagal fokus.

Kekinian, wacana unik mengemuka. Dibuat rencana untuk menggunakan suara peralatan musik tradisional kebanggaan Negeri Bollywood. Jadi bebunyian khas dari seruling sampai tabla nantinya akan mengisi jalur lalu lintas negara itu.

Kemudian dari Britania Raya, Rolls-Royce ikut serta dalam acara pameran produk mewah Concours d’Elegance. Untuk penampilan kali ini, dipajang karya divisi khusus Rolls-Royce Bespoke yang biasa melayani selera personal para konsumen. Mulai pernak-pernik sulit hingga mencampur cat yang tiada duanya di dunia dilakukan unit ini. Hasilnya? Sukses bikin jatuh hati.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Charles Stewart Rolls, Perusahaan Ini Lakukan Seremoni Keliling London

Sementara dari sektor teknologi, di ajang otomotif dan mobilitas IAA Mobility 2021 yang berlangsung di Munich, Jerman, salah satu topik hangat adalah ancaman terputusnya rantai pasok lini produksi mobil. Penyebabnya adalah langka pasokan chip semikonduktor.

Pembesar dari Intel, Pat Gelsinger menyatakan untuk antisipasi hal ini, sebentar lagi akan beredar chip Intel yang dibuat untuk mengatasi situasi putusnya rantai pasok tadi. Maklum, di masa pandemi COVID-19 kebutuhan industri otomotif bersaing dengan IT atau teknologi.

Masih seputar penyediaan produk, kabar gembira datang dari pabrikan militer Tanah Air. Yaitu masuknya panser Anoa ke dalam daftar bursa penyediaan ransus atau kendaraan khusus dan rantis atau kendaraan taktis Tentara Diraja Malaysia.

Bila terpilih, militer Malaysia akan menggunakan panser Anoa buatan Indonesia.

Dan melanjutkan topik teknologi, Honda-Piaggio-KTM-Yamaha menandatangani konsorsium baterai sepeda motor swappable. Sangat membantu para pengguna, karena saat mengaspal dengan kendaraan roda dua bertenaga listrik dan mengalami habis baterai solusinya sederhana. Cukup mengganti baterai di lokasi penyediaan tanpa perlu menunggu harus mengisi sendiri.

Baca Juga: Dulunya Jadi Koleksi Amitabh Bachchan, Mobil Mewah Ini Malah Disita Polisi, Kenapa?

Teknologi swappable atau mudah bertukar pakai alias bersifat universal membuat pemakaian baterai motor listrik semakin efisien.

Demikian lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi ini, yang dipetik dari tayangan terseru sepanjang hari kemarin. Selamat membaca, dan melanjutkan aktivitas, jangan lupa jaga diri, orang-orang tersayang, dan lingkungan dengan menerapkan protokol kesehatan.

1. Dinilai Terlalu Berisik, Suara Klakson Bakal Diganti dengan Bunyi Suling di Negara Ini

Ilustrasi klakson Tesla. [Shutterstock]
Ilustrasi klakson Tesla. [Shutterstock]

Penggunaan klakson yang terlalu berlebih memang kadang membuat emosi pengendara lain. Bahkan kadang hanya karena klason bisa menimbulkan perkelahian di jalan.

Hal ini membuat pemerintah India akan mengganti suara klakson dengan bunyi alat musik seperti suling.

Baca selengkapnya

2. Mantap! Panser Anoa Milik Indonesia Jadi Salah Satu Kandidat Kendaraan Militer Malaysia

Dua unit Panser Anoa milik TNI dikerahkan di titik penyekatan PPKM Daruat di Lenteng Agung. (Suara.com/Arga)
Dua unit Panser Anoa milik TNI dikerahkan di titik penyekatan PPKM Daruat di Lenteng Agung. (Suara.com/Arga)

Kabar gembira datang dari salah satu produsen kendaraan militer Indonesia, PT Pindad (Persero). Salah satu produknya kini menjadi salah satu kandidat kendaraan militer Malaysia.

Dilansir dari Asia Business Daily dan kemudian ditulis ulang Utusan.com.my, panser Anoa akan menjadi calon kendaraan militer Malaysia jika menang tender.

Baca selengkapnya

3. Bicara di IAA Mobility 2021, Pat Gelsinger Sebut Intel Investasikan Rp1,3 Kuadriliun

Pat Gelsinger, CEO Intel [AFP/John Macdougall]
Pat Gelsinger, CEO Intel [AFP/John Macdougall]

Dalam pameran otomotif dan mobilitas IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, chip semikonduktor menjadi salah satu topik seru. Pasalnya, kondisi kekurangan pasokan komponen ini telah menghentikan lini produksi mobil.

Di antaranya Ford dan General Motors yang membatasi produksi karena kelangkaan chip. Kemudian Toyota akan memangkas produksi 40 persen di seluruh dunia pada September. Renault Samsung menangguhkan produksi, senada Nissan dan masih banyak carmaker lain.

Baca selengkapnya

4. Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha Kembangkan Baterai Sepeda Motor Listrik Swappable

Konsep baterai Mobile Power Pack dan fasilitas pengisian ulang baterai sepeda motor listrik yang akan diuji Honda dan Panasonic di Indonesia. Sebagai ilustrasi [panasonic.com/global newsroom]
Konsep baterai Mobile Power Pack dan fasilitas pengisian ulang baterai sepeda motor listrik yang akan diuji Honda dan Panasonic di Indonesia. Sebagai ilustrasi [panasonic.com/global newsroom]

Maret 2021, Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha dikabarkan akan teken perjanjian untuk mengembangkan baterai motor listrik yang dapat ditukar. Kemudian berita semakin mendekati realisasi pada Mei tahun ini.

Kekinian, seperti dikutip dari RideApart, Piaggio secara resmi mengumumkan bahwa keempat perusahaan itu sudah menandatangani perjanjian resmi. Sehingga terciptalah Konsorsium Sepeda Motor dengan baterai yang dapat ditukar.

Baca selengkapnya

5. Banggakan Divisi Bespoke, Rolls-Royce Motor Cars Pajang Karyanya di Concours d’Elegance

Rolls-Royce Black Badge Cullinan, warna hijau Bespoke Verde Ermes, dan Rolls-Royce Black Badge Wraith cat Iced Premiere Silver [Rolls-Royce Motor Cars].
Rolls-Royce Black Badge Cullinan, warna hijau Bespoke Verde Ermes, dan Rolls-Royce Black Badge Wraith cat Iced Premiere Silver [Rolls-Royce Motor Cars].

Awal pekan lalu (1/9/2021) berlangsung perhelatan pameran otomotif mewah Concours d’Elégance, mata acara Salon Privé, di halaman Blenheim Palace, Oxfordshire, England, Britania Raya. Rolls-Royce Motor Cars menghadirkan divisi Bespoke yang memamerkan Rolls-Royce Black Badge Wraith dan Rolls-Royce Black Badge Cullinan.

Dipetik dari rilis resmi Rolls-Royce Motor Cars sebagaimana diterima Suara.com, dua unit mobil mewah racikan Bespoke Rolls-Royce tadi adalah wujud dari ekspresi kepekaan estetika Divisi Rolls-Royce Bespoke terhadap selera konsumennya.

Baca selengkapnya

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *