Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar, Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebih

Suara.com – Jika dibandingkan dengan mobil, sepeda motor adalah salah satu moda transportasi yang paling irit bahan bakar. Contohnya dengan bahan bakar bensin, jarak hingga kurang lebih 50 km cukup dengan modal Rp30.000.

Beberapa kendaraan roda dua juga sengaja didesain irit sehingga pengendara bisa jauh lebih hemat lagi dalam menggunakan motor untuk bepergian.

Nah, dikutip dari WahanaHonda ada beberapa tips seru yang membuat sepeda motor semakin irit mengonsumsi bahan bakar. Antara lain dengan mengurangi pemasangan berbagai aksesoris, sampai cek kondisi ban.

Ilustrasi pelumas sepeda motor. [Shutterstock]
Ilustrasi pelumas sepeda motor.  Selalu ganti oli secara rutin agar mesin sepeda motor terawat[Shutterstock]

Berikut selengkapnya, tips menjadikan sepeda motor hemat bahan bakar:

Baca Juga: Ini Daftar Merek Sepeda Motor Terlaris di Eropa Paruh Pertama 2021

Pompa ban

  • Pastikan kondisi angin sesuai dengan kondisi ban, dan dipompa dengan benar tekanannya. Selain bisa menghemat, selalu memastikan ban dalam kondisi padat dan tidak kempis juga baik bagi keselamatan berkendara.
  • Dengan langkah ini bisa memaksimalkan pengiritan dan menghemat bahan bakar. Yaitu menjaga kondisi ban berada pada tekanan maksimum.

Muatan ringan

  • Hindari membawa muatan yang berlebihan. Sarat muatan juga menjadi musuh terbesar dalam proses efisiensi bahan bakar. Semakin banyak beban yang ada di motor, semakin keras juga mesin berusaha bekerja.
  • Jika tidak terlalu penting, singkirkan aksesoris berlebih di motor seperti boks, tas, dan aksesoris lainnya yang akan semakin membebani motor.

Stabil saat berkendara

  • Jangan menggeber motor berlebihan. Memang hal ini bisa terlihat keren, tapi jika tujuan utama adalah untuk berhemat, berkendaralah sewajarnya dengan menggunakan kecepatan standar yang sudah disesuaikan aturan hukum di Indonesia dan penggunaan standar motor.

Servis motor berkala

  • Jangan anggap remeh kondisi motor. Walaupun dari luar terlihat baik-baik saja, namun melakukan pengecekan dari dalam wajib hukumnya untuk menjaga keawetan si motor.
  • Jika oli sudah kotor dan sirkulasi udara tidak bagus, tentu hal ini bisa menghalangi upaya untuk berhemat karena dua aspek ini membuat mesin bekerja terlalu keras dan gagal irit bensin.

Baca Juga: Dua Sejoli Nekat Terjang Banjir Naik Sepeda Motor, Endingnya Menahan Malu

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *