Kualifikasi Piala Dunia 2022: Australia Putus Rekor 17 Kemenangan Vietnam

Hanoi: Tim Nasional Australia mengalahkan Vietnam 1-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup B, Selasa 7 September malam, dan menjadikannya negara pertama di bawah AFC yang memenangkan 10 kualifikasi Piala Dunia berturut-turut.
 
Australia menang berkat gol semata wayang Rhyan Grant di babak pertama, sekaligus membuat Socceroos meraih dua kemenangan dari dua laga di Grup B. Sebelumnya, Australia telah mengalahkan Tiongkok 3-0 di Doha pekan lalu. Kemenangan atas Vietnam berarti Australia memiliki 10 kemenangan sempurna dari 10 pertandingan babak pertama kualifikasi.
 
Bermain tanpa penonton di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi karena pembatasan Covid-19, Australia berjuang melewati pertahanan disiplin Vietnam sebelum sundulan Grant pada menit ke-43 dari umpan silang Ajdin Hrustic memecah kebuntuan. Itu adalah gol internasional pertama Grant dan mengakhiri 17 pertandingan tak terkalahkan Vietnam di kandang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Di laga lainnya Grup B, Jepang sukses mengantongi tiga poin usai menang melawan Tiongkok, sekaligus menghidupkan kembali kampanye mereka setelah di laga pertama secara mengejutkan mereka kalah 1-0 dari Oman.
 
Meskipun margin kemenangan tipis, Jepang jelas merupakan tim yang dominan di Stadion Internasional Khalifa di Doha. Gol kemenangan Jepang dicetak Osako di menit 40 usai menerima umpan Junya Ito.
 
Masih di Grup B, Arab Saudi yang mengincar penampilan kedua berturut-turut di final meraih kemenangan kedua mereka, mengalahkan Oman 1-0 di Muscat dengan gol menit ke-42 Saleh al-Shehri.
 
Kedua tim yang sukses meraih kemenangan di laga perdana, gagal tampil menawan di Stadion Sultan Qaboos. Namun, Saudi, yang mengalahkan Vietnam pekan lalu, mampu mencetak gol kemenangan melalui Al-Shehri yang melepaskan tembakan mendatar melewati kiper Oman Faiyz al-Rusheidi.
 
Dari Grup A,  pertandingan yang juga digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Timnas Iran menang 3-0 atas Irak. Tiga gol Iran dicetak penyerang Alireza Jahanbaksh di menit kedua babak pertama, sebelum Mehdi Taremi dan Ali Gholizadeh mencetak dua gol di babak kedua.
 
Di laga lain Grup A, semifinalis Piala Dunia 2002 Korea Selatan juga mendapatkan kemenangan di kualifikasi dengan mengalahkan Lebanon 1-0 di Suwon.
 
Bertujuan untuk lolos ke-10 berturut-turut di Piala Dunia, Korea Selatan perlu bangkit dari hasil imbang tanpa gol di laga pembuka melawan Irak, pekan lalu.
 
Beberapa jam sebelum pertandingan, Asosiasi Sepak Bola Korea mengumumkan pemain bintang mereka Son Heung-min absen karena cedera betis.
 
Babak pertama berakhir tanpa gol, sebagian besar berkat kiper Lebanon Mostafa Matar.
 
Namun, pada menit ke-60, Kwon Chang-hoon — yang baru masuk dua menit sebelumnya — memanfaatkan ruang di dalam kotak untuk membawa tuan rumah unggul.
 
“Saya senang telah mencetak gol untuk tim nasional, dan merasa terhormat telah melakukannya di Big Bird,” kata Kwon kepada wartawan, mengacu pada Stadion Piala Dunia Suwon, tempat klubnya bermarkas.
 
Ada dua grup yang terdiri dari enam negara di babak final kualifikasi Asia.
 
Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke Piala Dunia, dan tim peringkat ketiga akan berhadapan untuk mendapatkan kesempatan memasuki play-off antarbenua.(AFP)
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *