KPK Selamatkan 203 Aset Tanah Senilai Rp54 Miliar Milik Pemkot Bandung

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeklaim menyelamatkan 203 tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Wilayah Jawa Barat. Sebanyak 203 tanah itu ditaksir bernilai Rp54 miliar.
 
“Kami apresiasi Wali Kota, Kajari, Asdatun Kejati dan Kepala Kantor Pertanahan yang telah berkerja bersama-sama, sehingga tanah yang bermasalah di era Pak Wali Kota bisa kembali ke pemilik sahnya,” kata Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah II KPK Yudhiawan melalui keterangan tertulis, Rabu, 8 September 2021.
 
Yudhi mengatakan penyelamatan aset itu dibantu dengan kejaksaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan Pemkot Bandung. Sertifikat tanah yang telah diselamatkan langsung diserahkan ke kepala daerah di Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Aset tersebut berupa 202 bidang tanah milik Pemkot Bandung senilai total Rp53,1 Miliar dan pemulihan satu aset bermasalah berupa tanah Kelurahan Cigending seluas 974 meter persegi senilai Rp892 juta,” ujar Yudhi.
 
Baca: 44 Aset Tanah di Lippo Karawaci Tangerang Disita
 
Lembaga Antikorupsi merasa senang dengan kinerja pengembalian aset itu. KPK tidak mau aset milik pemerintah daerah digunakan orang lain tanpa memberikan keuntungan.
 
“Kalau sekarang namanya pemulihan aset. Aset yang seharusnya milik pemerintah, maka yang menjadi milik pemerintah bagaimanapun harus dikembalikan ke negara. Tidak boleh dimiliki atau dikuasai oleh siapa pun,” ujar Yudhi.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *