IAA Mobility 2021: BMW Pamerkan Mobil Konsep yang Bisa Didaur Ulang

Suara.com – Dalam pergelaran pentas otomotif dan mobilitas International Motor Show atau IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, BMW memboyong sederet produk seru untuk dipentaskan. Antara lain BMW i Vision Circular. Yaitu konsep mobil listrik baru yang lebih ramah lingkungan.

Model konsep yang dinamakan BMW i Vision Circular ini dibangun dari bahan hasil daur ulang. Sehingga limbahnya sendiri kelak juga bisa recycle 100 persen.

“Ketika mobil mencapai akhir masa pakainya, sepenuhnya bisa didaur ulang untuk kembali diproduksi,” ungkap carmaker tuan rumah Jerman, dikutip dari Daily Mail.

BMW i Vision Circular adalah mobil konsep yang dirancang khusus untuk memamerkan rencana masa depan perusahaan bernama panjang Bayerische Motoren Werke itu.

BMW i Vision Circular di gelaran IAA Mobility 2021 [BMW via ANTARA].
BMW i Vision Circular di gelaran IAA Mobility 2021 [BMW via ANTARA].

Selain itu, mobil konsep ini juga menjadi bukti bila BMW berkomitmen membuat semua kendaraannya 100 persen bisa didaur ulang dalam waktu 20 tahun.

Baca Juga: Bicara di IAA Mobility 2021, Pat Gelsinger Sebut Intel Investasikan Rp1,3 Kuadriliun

Saat ini, mobil BMW diproduksi menggunakan sekitar 30 persen bahan daur ulang dan rata-rata bahan yang dapat digunakan kembali.

“Perusahaan sedang berupaya untuk meningkatkan mobil generasi berikutnya menjadi 50 persen dan kemudian 100 persen dapat didaur ulang pada 2040,” jelas BMW.

Sementara dari rilis resmi perusahaan, lebih lanjut disebutkan bahwa BMW i Vision Circular adalah produk visioner untuk penggunaan di masa depan. Bisa dioptimalkan untuk siklus material tertutup. Menggunakan 100 persen bahan daur ulang dan bisa didaur ulang 100 persen pula.

Bahan baku berbasis bio dan bersertifikat, bahan yang telah melewati siklus hidup produk atau disebut sebagai bahan sekunder digunakan untuk pembuatan BMW i Vision ini.

Sementara untuk sistem penyimpanan energi, baterai solid-state BMW i Vision Circular juga bisa didaur ulang 100 persen. Produk sumber daya ini memiliki kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dengan penggunaan sumber daya lebih sedikit.

Baca Juga: Best 5 Oto: BMW i Vision Circular Tampil di IAA Mobility 2021, Garangnya Buell Hammerhead

“BMW menerapkan sirkularitas dalam konsep kendaraan sejak awal ketika merancang BMW i Vision Circular. Itulah mengapa kendaraan visioner ini penuh dengan ide-ide inovatif yang menggabungkan sustainability dengan desain estetika inovatif dan inspiratif,” papar Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *