Dari Daihatsu Club Auto Clinic: Ini Fungsi Fitur ASA dan D-CVT untuk Rocky

Suara.com – Launching April 2021, Daihatsu Rocky mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Antara lain dari komunitas pengguna mobil Daihatsu di seluruh Indonesia. Sebagai produsen, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyisipkan informasi teknologi produk ini dalam Daihatsu Club Auto Clinic.

Digelar secara virtual, Auto Clinic bertema “Teknologi A.S.A. dan D-CVT Daihatsu Rocky” berlangsung secara virtual pada 28 Agustus 2021. Diikuti 20 komunitas mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

“Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada Sahabat Klub sebagai pelanggan setia, serta bagian dari keluarga besar Daihatsu,” ujar Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sesuai temanya, Daihatsu membedah teknologi baru yang terdapat di Rocky. Teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) merupakan fitur keselamatan aktif yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

Baca Juga: CSR Pintar Bersama Daihatsu, Guru SMK se-Sumatera Dapatkan Pelatihan Secara Virtual

Teknologi A.S.A yang diterapkan pada Daihatsu Rocky dan menjadi materi pelatihan 100 guru SMK binaan PT ADM [PT ADM].
Teknologi A.S.A yang diterapkan pada Daihatsu Rocky  [PT ADM].

Di antaranya seperti fitur peringatan ketika terdeteksi potensi tabrakan, sistem pengereman untuk mengurangi dampak benturan, fitur yang mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas, memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju, fitur peringatan ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

Secara prinsip kerja, fitur A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Sedangkan teknologi transmisi, Daihatsu Rocky dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission). Dikembangkan dari teknologi CVT sebelumnya, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

Penyaluran tenaga dari mesin memadukan belt dengan planetary gear sehingga di kecepatan rendah tenaga terasa lebih halus dan bertenaga. Seementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, GT Radial Champiro Ecotec Jadi Sepatu Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *