Cara Mengamankan Akun Tokopedia Agar Aman Dari Hacker

Jika kamu merupakan pengguna salah satu e commerce terbesar di Indonesia yakni Tokopedia, maka wajar jika kamu sedikit was-was setelah kemunculan berita mengenai pembobolan data di Tokopedia oleh hacker. Berikut ini ada beberapa cara mengamankan akun Tokopedia agar aman dari hacker. Cara ini direkomendasikan oleh pakar keamanan internet, jadi kamu harus coba.

Daftar Isi

1. Segera Ganti Password

cara mengamankan akun Tokopedia

Langkah pertama dari cara mengamankan akun Tokopedia ini adalah langkah standar yang wajib dilakukan. Pasalnya meski data kita sudah bocor, belum tentu data kita langsung dimanfaatkan. Jadi sesegera mungkin segera ubah password Tokopediamu agar pencuri data tidak dapat mengakses akun Tokopedia mu. Wajarnya memang sebaiknya kita sering-sering mengganti password.

Cara ini juga bisa kamu gunakan tidak hanya untuk menangani kasus kebocoran data Tokopedia saja, namun juga pada akun lainnya. Jangan lupa untuk memperkuat password yang kamu gunakan dengan kombinasi angka dan huruf yang sulit ditebak.

2. Laporkan Bila Akun Tokopedia Tidak Bisa Diakses

cara mengamankan akun Tokopedia

Cara mengamankan akun Tokopedia agar aman dari hacker selanjutnya adalah dengan segera laporkan kepada pihak Tokopedia bila akun tiba-tiba tidak bisa diakses. Ini bisa berarti password akun Tokopedia kamu sudah diganti oleh hacker yang mencuri datamu sebelum kamu mengganti password akunmu. Pasalnya Tokopedia mungkin tidak tahu siapa yang merubah passwordmya.

Dengan menghubungi pihak Tokopedia artinya kamu menginfokan bahwa ada peretasan akun milikmu sehingga akunmu akan diamankan hingga kembali normal. Namun, untuk mengembalikan akunmu pasti akan ada beberapa langkah autentifikasi dari pihak Tokopedia untuk memastikan bahwa kamu memang pemilik akun tersebut.

3. Pastikan Mengaktifkan Two Factor Authentication

cara mengamankan akun Tokopedia

Tak hanya aplikasi media sosial saja yang yang memiliki TFA atau Two Factor Authentication, Tokopedia juga mendukung fitur keamanan tersebut selain menggunakan username dan password. Dengan menggunakan pengamanan Two Factor Authentication (TFA) atau verifikasi 2 langkah ini kamu memberikan keamanan ganda pada akun Tokopediamu.

Akan tetapi kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu TFA tersebut dan Tokopedia sendiri juga sudah mendukung TFA tersebut. Kamu bisa menggunakan Google Authenticator yang sudah pasti terpercaya dengan cara mengunduh aplikasinya di PlayStore atau AppsStore secara gratis.

4. Jangan Simpan Informasi Untuk Transaksi Keuangan

Sangat disarankan oleh ahli keamanan di internet untuk tidak menyimpan informasi yang bisa dimanfaatkan untuk transaksi keuangan. Seperti misalnya kartu kredit di situs online termasuk di Tokopedia. Hal ini dianggap akan sangat membahayakan karena diduga dapat dengan dibobol oleh pihak hacker dan tentunya sangat merugikan karena langsung dapat digunakan untuk transaksi.

5. Aktifkan Automatic Update Tokopedia di Play Store

Langkah terakhir untuk cara mengamankan akun Tokopedia agar data aman adalah dengan mengaktifkan fitur automatic update di akun Tokopedia kita. Tokopedia dan berbagai macam aplikasi lainnya selalu melakukan update untuk menutup celah keamanan agar tidak mudah dibobol pihak tidak bertanggung jawab. Dengan demikian pastikan aplikasimu selalu mendapatkan update.

Nah itulah beberapa langkah untuk cara mengamankan akun Tokopedia agar aman dari pembobolan hacker atau pihak tidak bertanggung jawab. Apabila saat ini akunmu aman-aman saja, maka kamu bisa melakukan cara diatas sebagai langkah preventif untuk menghindari pembobolan. Tidak hanya di aplikasi Tokopedia saja, namun juga di berbagai akun situs atau aplikasi yang rawan data sensitif.

Semoga artikel ini bermanfaat agar nantinya tidak jatuh korban karena pembobolan akun dari situs tertentu. Tetap aman dalam berinternet, jaga data pribadi kita.

User Review

5 (2 votes)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *