One Stop Shopping, Konsep Bisnis SPBU Shell Indonesia untuk Maksimalkan Potensi

Suara.com – Saat bertandang ke pom bensin atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan bandara Soekarno-Hatta, pemandangan ini bakal terlihat. Yaitu SPBU Soewarna dengan fasilitas pengisian bahan bakar, angin dan tekanan ban, serta serangkaian toko. Di lokasi ini, memang diterapkan konsep one stop shopping. Ada kegiatan kendaraan berhenti untuk mengisi bahan bakar sampai kesempatan berbelanja cendera mata yang dari segi bisnis membuka peluang lebih besar.

Bandara Soekarno-Hatta adalah bandar udara dengan lebih dari 10 juta pergerakan penumpang di 2020. Sangat berpotensi di sektor bisnis dan investasi. Contohnya adalah kehadiran SPBU Shell Soewarna di aerotropolis bandara tadi.

Dikutip dari rilis resmi Shell Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, SPBU ini adalah bentuk kemitraan antara Shell Indonesia dengan PT Sigma Niaga Gas, perusahaan jasa yang bergerak di bidang minyak dan gas.

Gober Pramono adalah mitra bisnis Shell yang berinisiatif mengembangkan bisnis SPBU Shell Soewarna di kawasan bandara.

Baca Juga: Wisata Otomotif: Bandara Selaparang Lombok Akan Menjadi Sports Park

Gober Pramono, di SPBU Shell Soewarna, bandara Soekarno-Hatta [Shell Indonesia].
Gober Pramono, di SPBU Shell Soewarna, bandara Soekarno-Hatta [Shell Indonesia].

Selaras dengan misi Shell untuk senantiasa memahami kebutuhan pelanggan, Gober Pramono merancang SPBU Shell Soewarna sebagai one-stop-shop yang memfasilitasi berbagai kebutuhan penumpang bandara yang datang silih berganti.

“Kami melihat banyak pengunjung bandara memerlukan tempat pemberhentian sementara yang nyaman, lengkap dan tentunya dekat dengan bandara. Oleh karena itu, konsep SPBU one-stop-shop ini kami hadirkan sebagai alternatif yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan mereka dalam satu lokasi yang strategis,” jelas Gober Pramono.

Selain pengunjung bandara, Gober juga menggarap potensi area perkantoran dan kawasan bisnis yang ada di sana. Keberadaan Pusat Oleh-Oleh Sowan, convenience store, toko Kopi Kenangan hingga berbagai UMKM kuliner melengkapi fasilitas yang ada di SPBU Shell Soewarna.

Tanggap situasi pandemi COVID-19 akan berdampak di sektor bisnis, Gober Pramono tetapi jeli melihat peluang.

Yaitu menggarap laboratorium tes bagi calon penumpang pesawat yang membutuhkan layanan tes COVID-19 sebelum keberangkatan. Sekitar 200 pengunjung setiap harinya datang dan memanfaatkan layanan ini.

Baca Juga: Hyundai Siap Operasikan Taksi Terbang Bandara pada 2025

SPBU Shell dengan konsep one-stop-shop terintegrasi ini dibangun untuk menjadikan perjalanan pelanggan lebih bermakna sejalan dengan kebutuhan para pelanggan yang terus berkembang.

Sebagai catatan, melalui program Mitra Dealer SPBU Shell, Shell berkomitmen untuk membantu mendorong perekonomian Indonesia dengan memberikan kesempatan kepada para pengusaha untuk memiliki dan mengelola SPBU bersama Shell.

Selain itu, Shell juga memberikan kesempatan kepada mitra untuk mendapatkan pemasukan tambahan di luar penjualan BBM melalui bisnis Non-Fuel Retailing (NFR) seperti convenience store, restoran, coffee shop, ATM, laundry, dan lain-lain.

“Melalui program kemitraan yang kami hadirkan, Shell ingin mengajak para pengusaha, baik yang ada di kota maupun daerah, untuk bersama-sama menggerakkan roda perekonomian Indonesia melalui bisnis SPBU dan memaksimalkan potensi yang ada melalui bisnis tambahan di lokasi yang sama,” jelas Agung Saputra, Head of Dealer-Owned Network Shell Indonesia.

Saat ini, Shell telah memiliki lebih dari 150 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *