Mulai Telur Busuk Sampai Roti Bakar, Mari Kenali Penyebab Bau Sangit Kabin Mobil

Suara.com – Tidak sedikit pengguna mobil yang pernah mencium bau sangit di kabin mobilnya. Baunya bermacam-macam. Seperti kabel terbakar, atau roti panggang, bakan telur busuk. Selain mengganggu perjalanan, terkadang sulit hilang.

Jangan anggap sepele, bisa jadi bau sangit di kabin mobil ini adalah tanda terjadinya kerusakan pada mobil.

Mengutip laman Deltalube, salah satu penyebab mobil bau sengit adalah indikasi kopling selip. Untuk mengatasi kerusakan ini, bisa menggantinya menggunakan yang baru.

Tuas transmisi [Shutterstock]
Tuas transmisi, berhubungan dengan kopling [Shutterstock]

Berikut indikasi bermacam bau terbakar dalam kabin mobil:

Baca Juga: Tips Merawat Sepeda Motor Injeksi, Perhatikan Saringan Udara

Bau kabel terbakar

  • Bisa disebabkan karena kopling atau sistem perpindahan gigi selip. Bawa ke bengkel dan diganti yang baru.

Bau terbakar atau sangit

  • Pada saat melaju normal dan mencium bau mobil seperti terbakar, maka kemungkinan disebabkan adanya oli mesin yang masuk dan ikut terbakar di dalam ruang bakar.
  • Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan lelehan oli mesin yang panas di area mesin sehingga menyebabkan bau sangit seperti terbakar. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih detail.
  • Masalah yang terjadi pada sambungan-sambungan selang bisa juga jadi penyebab. Bisa pula dikarenakan pemasangan fuel pump yang kurang benar dan menyebabkan kebocoran. Jika terdapat komponen yang rusak dan perlu diganti, maka ganti komponen itu dengan komponen baru yang sesuai standar.

Bau mirip karpet terbakar

  • Jika mencium bau sangit seperti karpet terbakar, maka permasalahannya terdapat pada sistem rem atau fitur keselamatan lainnya. Untuk itu segera periksa komponen rem.

Bau seperti telur busuk

  • Apabila tercium bau sangit yang mirip seperti telur busuk, kemungkinan besar permasalahannya ada pada catalytic converter. Untuk itu perbaiki bagian catalytic converter segera, jika kerusakan cukup parah mungkin segera ganti dengan komponen yang baru.
  • Penyebab lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah korslet pada sistem kelistrikan. Biasanya bau yang muncul mirip seperti bau roti gosong. Perlu segera ditangani agar tidak merembet ke komponen lain. Korslet bisa memicu terjadinya kebakaran dan sangat membahayakan.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Charles Stewart Rolls, Perusahaan Ini Lakukan Seremoni Keliling London

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *