Animal Defenders Indonesia, Menyelamatkan Hewan Terlantar Akibat Pandemi Covid-19

Jakarta: Tak jarang pandemi covid-19 hanya membawa duka bagi manusia. Sebab, tak sedikit hewan peliharaan terlantar akibat pemiliknya mesti dirawat atau meninggal akibat virus korona.
 
Sejak kecil Doni Herdaru Tona kerap menolong hewan yang terlantar di jalanan. Kepeduliannya terhadap hewan mendorongnya untuk mendirikan Animal Defenders Indonesia (ADI).
 
ADI pun hadir untuk membantu hewan terdampak pandemi. Lewat misi rescue, rehabilitation, dan re-hope atau 3R, Doni dan rekannya meluangkan waktu, biaya, dan tenaga untuk menyelamatkan hewan yang terlantar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Sejak ADI pada 2011, ratusan hewan berhasil diselamatkan oleh Doni dan rekan-rekan. ADI juga bekerja sama dengan dokter hewan untuk perawatan hewan. Biaya shelter berasal dari usahanya seperti petshop, penitipan anjing, penjualan merchandise, dan bantuan donatur.
 
“Di awal-awal saya pikir saya cuman bisa bertahan 8 bulan dengan tabungan yang saya punya. Bahwa saat itu tidak berpikir kegiatan itu tidak akan panjang, ternyata saya tidak dikasih pensiun,” ucap Doni dalam tayangan Kick Andy di Metro TV, Minggu, 5 September 2021.
 
Sementara saat pandemi, mereka memberikan perawatan gratis bagi para pemilik hewan yang terpapar covid-19.
 
“Kami mau membantu para pemilik yang harus dibawa ke rumah sakit, pemilik yang harus isoman tapi kondisinya payah atau pemiliknya yang wafat,” ucap Doni
 
Saat lonjakan kasus covid-19 pada Juni 2021, Doni sudah memprediksi akan banyak orang yang ‘kalah’ membentengi diri dari covid-19. Dia pun mengakui tak sedikit hewan terlantar yang mesti ditangani. Namun bagi Doni, menolong hewan sudah menjadi kewajiban.
 
“Berapa banyak shelter yang anda punya?” tanya host Kick Andy, Andy Noya.
 
“Cuma satu, di Parung. Cuma sedikit jumlahnya, sekitar 160,” jawab Doni. (Raja Alif Budhoyo)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *