Disuntik Rp 22 Triliun, Xiaomi Resmikan Unit Bisnis Mobil Listrik, Xiaomi EV

Suara.com – Vendor smartphone asal China, Xiaomi, resmi mengumumkan unit bisnis baru bernama Xiaomi Electronic Vehicle atau Xiaomi EV.

Ini adalah unit bisnis Xiaomi yang berkiprah untuk produk mobil listrik. Sebagai langkah awal, Xiaomi EV telah disuntik dana sebesar 10 miliar yuan atau Rp 22 triliun.

“Langkah ini menjadi tonggak penting realisasi inisiatif kendaraan listrik pintar dari Xiaomi yang sudah masuk fase pengembangan,” kata Xiaomi dalam keterangan yang diterima, Minggu (5/9/2021).

Pada akhir Maret 2021 lalu, CEO dan Pendiri Xiaomi Lei Jun mengumumkan inisiatif bisnis kendaraan listrik dan komitmen Xiaomi menginvestasikan sekitar 10 miliar dolar AS (Rp 142,5 triliun) dalam 10 tahun mendatang.

Baca Juga: Tanpa Harus Beli Mobil Listrik, Volkswagen Siapkan Solusi Jitu Layanan Penyewaan

Lei Jun sendiri telah resmi menjadi kuasa hukum Xiaomi EV dan akan secara langsung memimpin tim produksi.

“Ini merupakan bukti komitmen, tekad, dan keyakinan untuk memperjuangkan perkembangan bisnis kendaraan listrik di dunia,” tambah Xiaomi.

Tim Xiaomi EV. [Xiaomi Indonesia]
Tim Xiaomi EV. [Xiaomi Indonesia]

Dalam kurun waktu lima bulan sejak inisiasi bisnis diumumkan, tim Xiaomi EV telah melakukan lebih dari 2.000 survei dan mengunjungi 10 pelaku industri untuk memahami rantai industri secara menyeluruh.

Hal ini dilakukan agar Xiaomi dapat merumuskan produk akhir dan formasi tim yang tepat untuk mengembangkan Xiaomi EV.

Dalam pertemuan laporan pendapatan Q2 2021, Presiden Xiaomi Wang Xiang mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima sambutan luar biasa dari para pelaku industri otomotif, lewat 20.000 aplikasi kerja yang menunjukkan minat untuk bergabung.

Baca Juga: Keinginan Toyota di Sektor Mobil Listrik: Tak Sebatas CBU Namun CKD

Selain itu, sejak 25 Agustus, Xiaomi telah mengumumkan langkah perusahaan mengakuisisi perusahaan teknologi kendaraan otonom Deepmotion Tech.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *