Anies Ingatkan Warga Tak Memanipulasi Sertifikat Vaksin

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat Ibu Kota tidak memanipulasi sertifikat vaksin covid-19. Pemalsu akan diberikan sanksi tegas dari pihak berwajib.
 
“Ya, janganlah ini kan urusan kemanusiaan. Lebih mudah mendapatkan vaksin daripada memanipulasi surat vaksin,” kata Anies dilansir dari Antara, Jakarta, Minggu, 5 September 2021.
 
Vaksin covid-19 sangat mudah didapatkan. Vaksin juga gratis. Beda dengan memanipulasi sertifikat vaksin yang harus mengeluarkan uang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Datang ke tempat vaksin di mana saja, gratis dan mudah,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Baca: Positivity Rate DKI 3%
 
Anies mengimbau masyarakat agar tidak mengurus surat vaksin secara ilegal. “Biasanya mengurus itu karena repot, ini vaksinnya gampang. Ngapain mengurus surat yang aneh-aneh,” ujar Anies.
 
Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap pemalsu dan penjual sertifikat vaksinasi covid-19 yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi. Dua orang itu ialah HH (30) dan FH (23). 
 
“Terduga memiliki akses ke data kependudukan. Pelaku memiliki akses ke P-Care, lalu bekerja sama dengan rekannya untuk menjualnya kepada publik,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.
 
Kasus ini terkuak setelah petugas menemukan akun media sosial Facebook atas nama Tri Putra Heru. Ia menawarkan jasa pembuatan sertifikat vaksinasi tanpa disuntik. Sertifikat terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *