Tanpa Harus Beli Mobil Listrik, Volkswagen Siapkan Solusi Jitu Layanan Penyewaan

Suara.com – Tidak memiliki mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) bukan berarti tertutup peluang untuk merasakan fitur dan performanya. Volkswagen memberikan solusi dengan penyediaan unit sewa. Yup, inilah bentuk dari pengembangan model bisnis baru perusahaan asal Jerman itu. Berupa penyewaan mobil listrik.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Volkswagen, layanan penyewaan mobil listrik akan dimulai akhir tahun ini.

Untuk tahap awal, Volkswagen hanya menyediakan mobil listrik Volkswagen  ID.3 dan Volkswagen ID.4. Sedangkan layanan penyewaan disebut AutoAbo, sudah diluncurkan di Jerman. Pelanggan bisa mengambil langganan bulanan untuk model all-electric ID.3 dan ID.4 terlaris dengan sewa mulai 499 euro atau sekira Rp8,5 juta per bulan.

Mobil listrik murni Volkswagen ID.3 yang menggunakan ban buatan Bridgestone [Volkswagen via ANTARA].
Mobil listrik murni Volkswagen ID.3  [Volkswagen via ANTARA].

“Penyewaan ini akan memungkinkan kami untuk mencapai tonggak penting dalam Model Bisnis 2.0. Sebagai bagian dari strategi ACCELERATE, kami melanjutkan transformasi yang cepat dan sistematis dari produsen mobil ke penyedia layanan mobilitas,” jelas Klaus Zellmer, Anggota Dewan Penjualan dan Pemasaran di Volkswagen, dikutip Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Keinginan Toyota di Sektor Mobil Listrik: Tak Sebatas CBU Namun CKD

“Semakin banyak orang yang tidak ingin memiliki kendaraan secara permanen, tetapi ingin menggunakan satu kendaraan secara eksklusif untuk jangka waktu tertentu. Volkswagen AutoAbo adalah penawaran berlangganan baru yang fleksibel yang berada di tengah-tengah antara leasing dan berbagi mobil,” imbuh Klaus Zellmer.

Ia memperkirakan bahwa pada 2030, sekitar 20 persen dari pendapatan VW dapat berasal dari langganan dan penawaran mobilitas jangka pendek lainnya.

Dalam beberapa bulan ke depan, Volkswagen akan menyediakan lebih dari 2.000 mobil bekas berkualitas seperti baru di AutoAbo.

Adapun untuk berlangganan dan pembayaran, sudah disiapkan Volkswagen Financial Services, pusat pengembangan Grup untuk model berlangganan mobil.

VW akan menyediakan paket berlanggaran sewa mobil dengan periode minimum tiga bulan dan enam bulan. Setelah itu, pelanggan dapat menghentikan langganan kapan pun mereka inginkan.

Baca Juga: General Motors Hentikan Produksi Mobil Listrik Chevy Bolt Akibat Kebakaran Baterai

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *