Minimalisasi Penularan di Hulu, Desa Diminta Bentuk Pusat Komando Covid-19

Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memerlukan pembentukan Pusat Komando Covid-19 di desa atau kelurahan. Pembentukan untuk meminimalisasi penularan covid-19 di hulu.
 
“Untuk meminimalisir peluang penularan di hulu atau di sekitar tempat tinggal kita, berdasarkan Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) maupun Surat Edaran (SE) Satgas, diperlukan pembentukan Pusat Komando Covid-19 desa atau kelurahan,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa, 31 Agustus 2021.
 
Wiku menyebut peluang penularan virus terbagi tiga bagian. Yakni sekitar tempat tinggal, di perjalanan, hingga saat beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pembentukan juga berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Satgas Prokes Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan (3M) Fasilitas Publik (Faspub) dalam Rangka Penanganan Pandemi Covid-19. Nantinya, Pusat Komando Covid-19 desa atau kelurahan sebagai kepanjangan tangan pemerintah menentukan skenario pengendalian yang tepat sampai ke tingkat RT/RW.
 
“Nantinya Satgas berserta posko di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat fungsi pengendalian covid-19,” papar Wiku.
 
Fungsinya yakni melakukan upaya pencegahan, pembinaan dan pendukung yang melibatkan unsur masyarakat, pemerintahan, maupun militer. Sebab, permasalahan kompleks dan khas di tiap daerah.
 
(Baca: Kasus Covid-19 Menurun, Satgas Minta Publik Tak Lengah)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *