Insentif Nakes Covid-19 Kabupaten Penajam Segera Dicairkan

Penajam: Insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang bertugas dalam penanganan covid-19 bakal segara dicairkan. Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) setempat, Muhajir, mengatakan pencairan masih dalam proses dan diyakini segera rampung.
 
“Intensif tenaga medis virus korona untuk Januari sampai Juni 2021 akan segara dicairkan dalam pekan in,” kata Muhajir di Penajam, Rabu, 1 September 2021.
 
Baca: Wali Kota Tangerang Diminta Bertindak Soal TPA Liar Tepi Sungai Cisadane

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Dia menjelaskan ada tiga hal penyebab insentif tenaga kesehatan yang terlibat penanganan virus korona tersebut terlambat dicairkan. Penyebabnya yakni surat edaran pembebanan pemberian insentif tenaga medis yang terlibat penanganan covid-19 terbit saat berjalannya APBD 2021.
 
“Surat edaran terkait insentif tenaga medis covid-19 terbit di tengah bejalannya APBD 2021,” jelas Muhajir.
 
Kemudian proses rasionalisasi program dan kegiatan memerlukan waktu yang cukup panjang, serta penyusunan perubahan APBD melalui Perkada (peraturan kepala daerah).
 
Seluruh alokasi anggaran di OPD (organisasi perangkat daerah) yang bersumber dari DAK (dana alokasi khusus) dan DBH (dana bagi hasil) perlu refocusing.
 
“Kami lakukan ‘refocusing’ anggaran yang bersumber dari DAK dan DBH sesuai surat edaran Menteri Keuangan yang terbit di akhir Februari 2021. Jadi keterlambatan memang disebabkan aturan yang terbit di tengah berjalannya tahun anggaran 2021,” ungkap Muhajir.
 
Pada 2020 insentif tenaga kesehatan bersumber dari APBN kata Muhajir, sementara pada 2021 dilimpahkan ke daerah atau APBD melalui PMK (peraturan menteri keuangan) Nomor 17 Tahun 2021.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *