Dewas Tak Bisa Pidanakan Lili Pintauli

Jakarta: Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan memidanakan Komisioner Lembaga Antirasuah Lili Pintauli Siregar. Hukuman Dewas KPK hanya sampai ke potongan gaji.
 
“Dalam putusan kami tidak seperti itu. Kalau dibaca putusan secara baik-baik, jelas kami sampaikan, kami tidak masuk dalam area perbuatan pidana,” kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di Kantor Dewas KPK, Jakarta Selatan, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Tumpak mengatakan pihaknya tidak bisa membawa kasus itu ke ranah pidana. Hukuman dari Dewas cuma terkait kepegawaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Jadi, di dalam amar tadi kami hanya semata-mata melihat dari sisi etik, apa itu? kepantasan dan kepatutan. Jadi bukan menyangkut masalah pidana,” ujar Tumpak.
 
Baca: Lili Pintauli Menerima Hukuman Berat dari Dewas KPK
 
Lili Pintauli Siregar dinyatakan melanggar etik karena dihubungi Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial. Lili mendapatkan hukuman berat atas tindakannya itu.
 
“Menghukum terperiksa dengan sanksi berat berupa pemotongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan,” kata Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Lili melanggar Pasal 4 ayat (2) huruf b dan a dalam Peraturan Dewas Nomor 02 Tahun 2020 tantang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku. Hukuman berat dinilai pantas untuk Lili.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *