Cara Pakai Tawas untuk Hilangkan Bau Badan yang Tak Sedap

Jakarta: Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan yang mengganggu adalah tawas. Pada umumnya, tawas digunakan untuk menjernihkan air dan bentuknya bongkahan seperti batu. 

Akan tetapi, di Asia Tenggara khususnya di Indonesia banyak orang menggunakan tawas sebagai penghilang bau badan. Tawas pada umumnya berbentuk bongkahan seperti batu, tetapi kamu juga bisa menemukannya dalam bentuk spray, jel, atau bubuk. 
 

Cara penggunaan tawas sebagai deodoran

Waktu terbaik untuk mengoleskan tawas sebagai deodoran adalah setelah selesai mandi atau berendam, saat ketiak baru saja dibersihkan dan masih sedikit lembap. Kamu dapat menerapkannya ke bagian tubuh lain juga, tetapi mungkin sebaiknya kamu menggunakan tawas khusus untuk ketiak.

Jika menggunakan yang masih berbentuk bongkahan, kamu bisa mengalirikan air di atas batu kemudian oleskan pada ketiak. Pastikan tidak menggunakan air terlalu banyak. Atau kamu juga bisa menghancurkannya sampai berbentuk bubuk, barulah kemudian oleskan pada ketiak.

Penggunaan tawas untuk ketiak ini mungkin efektif hingga 24 jam. Jika kamu ingin mengoleskan deodoran di sela-sela waktu mandi, kamu dapat membersihkan ketiak menggunakan alkohol gosok dan bola kapas sebelum mengoleskannya kembali.

Garam dalam tawas membantu membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Meskipun kamu mungkin masih tetap berkeringat, baunya dapat dikurangi atau dihilangkan dengan jika menggunakan tawas pada permukaan ketiak.

tawas
(Saat ini juga sudah dijual bebas di e-commerce tawas yang bisa kamu pakai. Foto: Dok. Bamboostrawgirl)
 

Efek samping 

Beberapa orang mungkin khawatir penyerapan aluminium dan bahan kimia berbahaya lainnya melalui ketiak dapat menyebabkan kanker payudara. Namun, menurut National Cancer Institute Amerika Serikat tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.
 

Manfaat tawas untuk deodoran

Salah satu manfaat penggunaan tawas adalah, kamu bisa menghilangkan bahan kimia yang ditemukan dalam deodoran konvensional. 
 

Cara pakai tawas

Jika kamu pengguna baru tawas untuk menghilangkan bau di ketiak, ini beberapa langkah dalam menggunakan tawas di ketiak:

1. Rendam bongkahan tawas dalam air bersih dan biarkan hingga sedikit larut
2. Setelah sedikit larut, ambil bongkahan tawas yang tumpul dan gosokkan ke ketiak yang sudah dibersihkan dengan air biasa
3. Setelah selesai, jangan dibilas atau dilap. Biarkan sampai kering setelah beberapa jam baru bilas hingga bersih. Nah, enggak sulit kan untuk menggunakan tawas. Selamat mencoba ya!

Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *