[Cek Fakta] Beredar Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970? Ini Faktanya

Beredar foto yang memperlihatkan foto sejumlah perempuan sedang membaca buku di taman. Disebutkan, foto itu menunjukkan kondisi perempuan di Afghanistan pada 1970-an.
 
Akun Twitter @Kramkeaw membagikan kabar itu pada Selasa, 17 Aguatus 2021. Pada unggahannya, akun itu menambahkan
 

“#Afghanistan di tahun 1970 yang lalu #Afghanistan #Taliban #Talibans” caption pada unggahan foto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
[Cek Fakta] Beredar Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970? Ini Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan kondisi perempuan di Afghanistan pada 1970-an adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan suasana mahasiswa di Iran.
 
Foto identik dipublikasikan situs foreignpolicy.com dengan judul artikel “Once Upon a Time in Tehran”. Dalam keterangan foto, dijelaksan Tehran University telah terbuka bagi wanita sejak universitas tersebut didirikan pada tahun 1934. Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan Afghanistan atau Taliban seperti yang disematkan pada caption foto tersebut.
 
Berikut keterangan pada foto:
 
“Ruang tunggu mahasiswa Universitas Teheran pada tahun 1971. Universitas Teheran dibuka untuk wanita pada tahun 1934, ketika perguruan tinggi itu didirikan, jauh sebelum sebagian besar universitas di Amerika Serikat mengintegrasikan wanita ke dalam kelas. Setelah revolusi, perempuan masih diizinkan untuk kuliah di universitas — tetapi mereka sekarang duduk di tempat yang terpisah. Tak perlu dikatakan, mereka tidak memakai rok mini. Namun, terlepas dari keterbukaan era, pada tahun 1977, hanya 35 persen wanita di Teheran yang melek huruf. “
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan kondisi perempuan di Afghanistan pada 1970-an adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan suasana mahasiswa di Iran.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Perempuan Afghanistan di Tahun 1970? Ini Faktanya
 

Referensi :
https://foreignpolicy.com/slideshow/once-upon-a-time-in-tehran/
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9LA9KP-1
https://perma.cc/9QP9-4FHW
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *