Pejabat AS Duga Serangan di Luar Bandara Kabul Dilancarkan ISIS-K

Washington: Pejabat Amerika Serikat (AS) menduga serangan di luar Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, dilancarkan afiliasi kelompok teroris Negara Islam (ISIS), ISIS-Khorasan (ISIS-K). Dugaan itu muncul karena adanya komunikasi dari kelompok itu sekitar waktu kejadian.
 
Namun, dugaan ini disebut masih terlalu prematur. Dilansir dari Washingtonpost.com, kendati menganggap ISIS-K sebagai terduga utama serangan pada Kamis, 26 Agustus 2021, pejabat AS menganggap masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan itu. 
 
Sementara itu, Khorasan dikenal sebagai wilayah bersejarah yang mencakup bagian dari Afghanistan dan Pakistan. Kelompok ISIS-K dibentuk enam tahun lalu oleh anggota Taliban cabang Pakistan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Pentagon Pastikan Ada Pasukan AS Tewas dalam Ledakan Bandara Kabul
 
Mereka telah melancarkan sejumlah serangan di Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir. Kelompok ini juga memerangi Taliban di Afghanistan, yang merebut kekuasaan dalam serangan kilat Agustus ini.
 
Pejabat intelijen AS sejatinya telah mengantisipasi serangan ISIS-K. Namun, sarana AS terbatas untuk menggagalkan serangan itu karena membantu menerbangkan puluhan ribu orang menjelang tenggat waktu Selasa, 31 Agustus 2021, untuk penarikan pasukan.
 
Seorang pejabat mengatakan Taliban memikul tanggung jawab untuk menggagalkan serangan apa pun, tetapi himpitan orang-orang di luar bandara yang berusaha melarikan diri dari negara itu. Kondisi ini membuat tugas itu menjadi sangat sulit.
 
(OGI)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *