Jangan Pilih-pilih, Semua Vaksin Covid-19 Sama

Jakarta: Warga diminta tidak memilih-milih jenis vaksin covid-19. Semua vaksin yang disediakan pemerintah dijamin ampuh melawan virus korona.
 
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, menyoroti informasi yang beredar soal efek samping pascasuntik vaksin. Hal ini membuat warga memilih-milih jenis vaksin.
 
“Ada informasi di medsos (media sosial) tentang efek samping Vaksin AstraZeneca,” ucap Erizon saat diwawancarai, Rabu, 25 Agustus 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut dia, pada prinsipnya, vaksinasi bertujuan membentuk kekebalan tubuh untuk mencegah terpapar covid-19. Kekebalan ini bisa tercipta dari semua vaksin yang disediakan pemerintah.
 
Baca: Kemenkes: Vaksinasi 50 Juta Kedua Diraih dalam 7 Minggu
 
“Mau itu vaksinnya AstraZeneca, Sinovac, Pfizer, tujuan satu, yaitu membentuk kekebalan tubuh,” tegas dia.
 
Dia menjelaskan munculnya kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) menjadi respons tubuh terhadap vaksin. Kondisi yang dialami setiap orang bakal berbeda-beda. 
 
“Seperti Sinovac, itu kan dari virus yang dimatikan atau dilemahkan. AstraZeneca juga berbeda. Moderna dari protein spesifik jadi metodenya berbeda-beda dan tentu respons ke tubuh pun pasti berbeda,” jelas dia. 

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk “Vaksin untuk Indonesia”. Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti “obat” atau “anti-virus”, tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
“Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema ‘Vaksin untuk Indonesia’. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi,” terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program “Vaksin untuk Indonesia” tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *