Polisi Negeri Ini Dibantu Drone dengan Kemampuan Membaca TNKB

Suara.com – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB dipantau kamera yang disematkan pada drone. Peranti itu terbang atau mobile dalam kecepatan sekitar 80 km per jam serta berada di ketinggian tertentu. Sehingga lebih leluasa dibandingkan peranti tilang elektronik statis. Inilah alat bantu ketertiban lalu lintas Guarda Civil atau polisi  patroli Spanyol yang bertugas di jalan raya, jalan tol, sampai pelabuhan dan kawasan urban.

Seperti dikutip dari Rideapart, Direccion General de Trafico (DGT) telah mengerahkan lebih dari 39 drone pengintai di seluruh Spanyol.

Drone ini digunakan Guarda Civil untuk mencari dan mendeteksi aktivitas berbahaya atau ilegal dari para pengguna jalan raya. Selain itu, perangkat juga menjadi detektor pelanggaran lalu lintas.

Suasana lalu lintas dan warga merayakan Hari Santo Nikolas di Madrid, ibu kota Spanyol. Sebagai ilustrasi jalan raya [AFP].

Dilengkapi kamera, peranti bisa membaca TNKB dan bisa disetting atau diatur untuk memantau serta menangkap pelanggaran lalu lintas. Antara lain melanggar batas kecepatan, tidak mengenakan sabuk pengaman, sampai perampokan.

Baca Juga: Gunakan Lampu Hazard di Jalan Tol? Simak Dahulu Aturannya di Sini

Untuk mengoptimalkan penggunaan drone pengawasan, DJP telah melatih 35 pilot drone dan 60 operator kamera. Tergantung pada model drone, pilot juga dapat berfungsi sebagai operator kamera.

Sebuah aturan kerja drone menyebutkan bahwa pekerjaan ini mesti ditangani dua individu berbeda. Contohnya seperti model drone paling populer yang digunakan DJP adalah Thyra V109. Sudah dilengkapi fitur pelacakan kendaraan otomatis.

Drone ini bisa beroperasi di ketinggian 120 m, dengan kecepatan maksimal 80 km per jam. Membuatnya hampir tidak terdeteksi saat beroperasi di jalan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *