Sinopsis & Review London Has Fallen, London Lumpuh Total!

Seperti kena kutuk, presiden Amerika Benjamin Asher (Aaron Eckhart) kembali menjadi incaran para teroris lagi untuk disandera dan dibunuh setelah kejadian penyerangan di White House dalam film Olympus Has Fallen. Beruntung si bodyguard susah mati kebanggaan Benjamin, Mike Banning (Gerard Butler) bisa menjamin keselamatannya.

Babak Najafi kini tak hanya ‘menyandera’ presiden saja, namun banyak pemimpin negara juga jadi incaran dalam film ia arahkan tersebut. Film ini menjadi film kedua dari seri Has Fallen Universe dan kini kalian juga bisa menontonnya di layanan film streaming berbayar seperti Netflix. Penasaran akan ceritanya?

Sinopsis

London Has Fallen_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Gramercy Pictures, Millennium Films, G-Base
  • Sutradara: Babak Najafi
  • Pemain: Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman

Setelah serangan pertama yang sempat melumpuhkan pemerintahan Amerika, kasus baru lainnya muncul mengancam keselamatan Presiden Amerika, Benjamin Asher ketika intel dari grup G8 menemukan lokasi teroris Aamir Barkawi dan membinasakannya bersamaan dengan seluruh keluarganya ketika menghadiri pesta pernikahan anaknya oleh angkatan udara AS.

2 tahun setelah kejadian tersebut, James Wilson, Perdana Menteri Inggris tiba-tiba saja meninggal membuat seluruh pemimpin dalam grup G7 (Setelah Russia keluar dari grup G8) yang terdiri dari negara Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, United Kingdom dan Amerika Serikat harus datang ke acara pemakaman dirinya di London.

Mendengar hal itu, Lynne (Angela Bassett) pemimpin pasukan khusus kepresidenan meminta salah satu anggota terbaiknya, Mike Banning untuk menemani presiden berangkat ke London tepat di hari dimana ia ingin segera mengundurkan diri mengingat istri Mike, Leah (Radha Mitchell) sedang mengandung dan siap melahirkan. Mike ingin menjadi Ayah yang ‘normal’.

Setibanya mereka di London, rombongan kepresidenan AS segera meluncur ke Katedral St. Paul untuk menghadiri pemakaman disaat pemimpin-pemimpin lainnya masih dalam perjalanan. Tak lama sampai disana, sekelompok tentara bayaran yang dipimpin oleh putra Barkawi, Kamran (Waleed Zuaiter) melancarkan serangan teroris yang terkoordinasi ke seluruh penjuru kota London.

Para teroris tersebut menyamar sebagai polisi Metropolitan, pengawal Ratu dan tim koresponden pertama kepolisian pusat. Hal tersebut mengakibatkan lima pemimpin G7 tewas mengenaskan. Tak hanya itu saja, serangan itu merusak landmark utama dan menghasilkan kepanikan massal.

Mike segera meminta perlindungan dari seluruh anggota spesial khusus kepresidenan untuk melindungi presiden juga Lynne. Ratusan tembakan menghujani mobil kepresidenan yang dilanjut dengan penembakan rudal stinger pada helikopter yang sudah sempat ditumpangi Mike, Benjamin dan Lynne hingga terjun bebas di Hyde Park. Begitu helikopter jatuh, Lynne terluka berat hingga meninggal namun sebelumnya dia berpesan untuk terus hidup dan bertemu anak pertamanya, Mike sedih bukan main namun ia tetap harus melindungi presiden.

Pergerakan Mike dan Presiden Benjamin terus terpantau mau kemanapun mereka pergi. Mike ngos-ngosan melarikan diri dari para kelompok teroris yang sudah tersebar di seluruh kota London. Ini membuat pelarian mereka jadi terbatas. Mike dan Benjamin pun akhirnya bersembunyi di stasiun kereta bawah tanah yang tidak aktif semenjak penyerangan.

Disana ia berhasil melumpuhkan semua kelompok teroris yang datang menyerang, salah satunya adalah adik dari Kamran yang ia bunuh disaat Kamran menelepon dirinya. Kamran murka bukan main, ia sampai berjanji akan membawa Presiden Benjamin ke hadapan dirinya dan mengeksekusinya di depan kamera dan disiarkan secara internasional.

Mengetahui hal ini, wakil presiden AS, Allan Trumbull (Morgan Freeman) lantas meminta semua bawahannya untuk melacak dimana keberadaan Aamir Barkawi yang ternyata masih hidup dan bersembunyi di pedalaman Sanna. Pihak Inggris tidak bisa melakukan tindakan lanjutan karena first respondent mereka kebingungan mengingat semua orang kini bisa jadi teroris setelah seharian penuh serangan teroris melanda kota bersejarah tersebut.

Mike dan Benjamin yang sudah mulai kelelahan akhirnya memutuskan untuk pergi ke safe house MI6 yang dihuni oleh agen Amerika bernama Jacquelin Marshall. Disana Jax memberi arahan kalau semua harus bersiap atas kemungkinan serangan dari kelompok teroris secara mendadak. Benar saja, belum lama mereka tarik nafas habis dikejar-kejar para teroris, kelompok militan Barkawi kembali datang untuk menyerang dan menculik Benjamin.

Saat kelompok teroris tiba, serangan brutal terjadi. Mike kewalahan bukan main dan membuat Benjamin berhasil diculik dan dibawa ke salah satu kompleks apartemen tua yang dijadikan markas tersembunyi oleh Kamran Barkawi. Benjamin menjadi bulan-bulanan para anggota teroris dan Kamran. Begitu berhasil membuat lemas Benjamin, Kamran lantas menyeret Presiden AS itu ke depan kamera yang sudah online tersiar ke seluruh dunia.

Allan Trumbull beserta jajaran juga warga dunia ikutan panik menyaksikan tayangan yang tidak bisa diubah itu. Begitu pedang sudah ada di leher Benjamin, Mike yang berhasil melumpuhkan semua anggota teroris di daerah itu berkat bantuan para militer Inggris langsung menghajar kelompok teroris Barkawi. Pembunuhan Presiden AS pun gagal total. Kini Mike dan Benjamin berdua yang harus bekerjasama untuk melumpuhkan para teroris.

Kerjasama keduanya membuahkan hasil baik. Mike berhasil meledakan komplek apartemen yang dijadikan markas Barkawi di Inggris hingga lebur dan menewaskan Kamran. Hal tersebut lantas diberitahu langsung oleh Trumbull pada Aamir Barkawi yang membuat Barkawi makin meradang, belum sempat mengucapkan balas dendam, Barkawi tewas ditembak rudal bersama seluruh anggota terorisnya.

Saingan John McClane

London Has Fallen_Versus John McClane (Copy)

Begitu menonton film ini, para pecinta film aksi pasti langsung mengkorelasikan London Has Fallen dengan film Die Hard. Bagaimana tidak? Si hero Mike Banning dibuat semirip mungkin dengan karakter John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis. Ia dikenal dengan anggota keamanan yang super duper susah sekali mati meskipun yang melawan dirinya berjibun.

Baca juga:

Akibatnya film ini tidak lagi mendapat feel originalitasnya, ditambah film sebelumnya yang berjudul Olympus Has Fallen dibanding-bandingkan dengan film dengan genre serupa yaitu penyerangan Presiden Amerika Serikat di White House berjudul White House Down yang diperankan oleh Channing Tatum yang memerankan tokoh calon anggota secret service Presiden AS.

Tidak Sesukses Film Pertama

London Has Fallen_Successed (Copy)

London Has Fallen bisa dibilang tidak sesukses film pertamanya Olympus Has Fallen, Ini mungkin disebabkan karena keduanya bercerita tentang percobaan penculikan Presiden Amerika Serikat yang plotnya bisa ditebak mulai dari awal cerita hingga akhir cerita. Belum lagi tokoh-tokohnya ya itu-itu saja.

Meski demikian untuk segi pendapatan keuntungan, film ini bisa dibilang sangat cukup sukses! Bayangkan saja, film pertamanya hanya mampu meraup untung $ 170.3 juta dari total penayangannya di seluruh dunia. Sedangkan film keduanya ini berhasil meraup keuntungan sebanyak $ 205.9 juta. Timpang sekali kan?

Film Kedua dari Has Fallen Universe

London Has Fallen_2nd Movie (Copy)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, film ini merupakan film kedua dari Has Fallen Universe; film pertama adalah Olympus Has Fallen dan film selanjutnya setelah London Has Fallen adalah Angel Has Fallen; dan menurut kabar, film keempat sudah mendapat lampu hijau untuk diproduksi berjudul Night Has Fallen. Bacaterus memberi skor 7/10 untuk keseluruhan film ini.

London Has Fallen

7 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *