Presiden ke Balikpapan meninjau vaksinasi massal dan resmikan tol

Balikpapan (ANTARA) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (24/8) untuk meninjau vaksinasi COVID-19 secara massal di Dome, Jalan Ruhui Rahayu dengan sasaran 1.000 warga, termasuk pelajar dan mahasiswa.

Presiden juga akan meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 di Pintu Tol Manggar dengan menandatangani prasasti dan selanjutnya melakukan uji coba berkendara di tol tersebut sejauh 12 km.

“Selain karena protokol standar pengamanan Presiden, ditambah lagi protokol kesehatan sebab COVID-19, seluruh kegiatan Presiden dalam pengamanan sangat ketat,” kata Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Taufik Hanif di Balikpapan, Minggu (22/8).

Oleh karena itu, kata dia, baik hadirin maupun wartawan yang meliput kegiatan Presiden akan dibatasi.

Selama kunjungan dan peninjauan itu, Presiden akan didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI tinjau vaksinasi di Dome Balikpapan

Presiden tidak bermalam di Balikpapan namun langsung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan RI.

Tentang peresmian Tol Balikpapan-Samarinda, Presiden Joko Widodo terlebih dahulu meresmikan ruas Samboja-Palaran sepanjang 66 km pada akhir 2019. Saat itu ruas 1 dan ruas 5 belum selesai dikerjakan karena berbagai kendala teknis.

Jalan tol yang pertama di Kalimantan ini memyingkat jarak dan waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda. Dengan jarak tempuh lebih kurang 99 km antarkedua kota, lewat tol bisa dihemat waktunya. Balikpapan-Samarinda lewat tol saat ini cukup membutuhkan waktu lebih kurang satu jam, sedangkan kendaraan melalui jalan bukan tol antara 2-3 jam.

Saat ini, jalan yang dibangun dengan konstruksi beton itu sudah dilewati tidak kurang dari 3.000 kendaraan per hari. 

Baca juga: 3.745 tenaga kesehatan di Balikpapan telah divaksin COVID-19
Baca juga: BPJT diminta segera lanjutkan lelang jembatan tol Penajam-Balikpapan
Baca juga: Waskita tunggu kajian Kementerian PUPR bangun Tol Penajam-Balikpapan

Pewarta: Novi Abdi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *