Wuling Almaz Series di Indonesia Terdiri dari Lima Tipe, Apa Saja Perbedaannya?

Suara.com – Mobil berjenis SUV tengah digemari masyarakat Indonesia. Sebagai pendatang baru di industri otomotif Tanah Air, Wuling turut mengisi segmen ini dengan merilis seri Almaz. 

Sejak diluncurkan pada 2019, saat ini ada lima tipe Wuling Almaz yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Yaitu:

  1. Wuling Almaz Smart Enjoy 6MT 7-Seater
  2. Wuling Almaz Smart Enjoy CVT 7-Seater
  3. Wuling Almaz Exclusive 5-Seater
  4. Wuling Almaz Exclusive 7-Seater
  5. Wuling Almaz RS.
Varian Wuling Almaz yang dipasarkan dengan skema PPnBM [Wuling].
Varian Wuling Almaz yang dipasarkan dengan skema PPnBM [Wuling].

Berikut adalah deskripsi dan spesifikasi masing-masing produknya:

Wuling  Almaz Smart Enjoy 6MT 7-Seater

Baca Juga: Wuling Hadirkan Mobil Berkapasitas 9 Penumpang, Calon Rival Toyota HiAce Nih

Varian ini merupakan tipe terendah Wuling Almaz. Namun demikian fitur yang tersemat sudah cukup memadai.

Almaz Smart Enjoy 6 MT 7-Seater dibekali Smart Voice Command berupa WIND (Wuling Indonesia Command), Airbag di bagian depan, Seatbelt Reminder untuk pengendara dan penumpang depan, Isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Emergency Stop Signal, ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System, Immobilizer, Alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, kamera parkir di belakang, dan Auto Door Lock.

Fitur sunroof belum terpasang pada tipe ini, tetapi fitur pada multimedia, Wuling sudah memasang 6 speaker pada tipe ini.  Pada bagian mesin, tipe ini memiliki mesin DOHC DVVT Turbocharger dipasangkan transmisi manual 6-percepatan. Dengan berbagai fitur ini, Smart Enjoy 6MT 7-Seater dibanderol Rp257,3 juta OTR Jakarta (mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling).

Wuling  Almaz Smart Enjoy CVT 7-Seater

Pada varian ini fitur-fiturnya sama dengan varian Smart 6MT 7-Seater. Sebut saja fitur Smart Voice Command berupa WIND, Airbag di bagian depan, Seatbelt Reminder untuk pengendara dan penumpang depan, Isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Emergency Stop Signal, ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System, Immobilizer, Alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, kamera parkir di belakang, dan Auto Door Lock.

Baca Juga: Wuling Gelar Sentra Vaksinasi COVID-19 Gratis untuk Umum, Ini Syaratnya

Namun sunroof juga belum tersedia di varian ini.

Perbedaan antara varian Smart Enjoy CVT 7 Seater dan Smart Enjoy 6MT 7 Seater adalah transmisinya. Smart Enjoy CVT 7 Seater mengusung transmisi CVT dengan 8 percepatan simulasi manual. Model ini dibanderol Rp272,8 juta OTR Jakarta. (mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling)

Tata ruang Wuling Almaz dengan konfigurasi 5-seater [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Tata ruang Wuling Almaz dengan konfigurasi 5-seater [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Wuling  Almaz Exclusive 5-Seater

Tipe Exclusive merupakan yang tertinggi pada Wuling Almaz. Fiturnya pun lengkap di antara varian lainnya. Paling menonjol adalah adanya Panoramic Sunroof yang membuat tampilannya lebih elegan.

Pada fitur umum sudah memiliki Smart Voice Command berupa WIND, LED DRL, airbag di bagian depan dan samping, Seatbelt Reminder untuk pengendara dan penumpang depan, Isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal, ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System, Immobilizer, Alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding.

Tak hanya itu, ada pula sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, Auto AC, Keyless Entry dan Engine Start/Stop Button, Electric Seat Adjuster di kursi pengendara, Cruise Control, dan kaca spion yang bisa dilipat.

Pada bagian lingkar kemudi juga sudah berlapis kulit, begitupun pada bagian jok kursi sudah dilapisi semi kulit dan adanya fitur Auto Door Lock pada setiap pintu di samping jok.

Wuling Almaz varian Exclusive 5-Seater ini dibanderol Rp320,8 juta OTR Jakarta (mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling)

Buritan Wuling Almaz Limited Edition [Wuling].
Wuling Almaz Limited Edition. Sebagai ilustrasi [Wuling].

Wuling  Almaz Exclusive 7-Seater

Bicara fitur, varian Exclusive 7-Seater memiliki fitur yang sama dengan Almaz Exclusive 5-Seater. Fitur Panoramic Sunroof pun sudah terpasang pada varian tertinggi ini. Perbedaannya hanya terdapat pada kapasitas penumpang. 

Apabila seri Exclusive 5-Seater hanya mampu menampung lima orang, Exclusive 7 Seater bisa mengangkut orang lebih banyak yakni tujuh orang. Harganya sendiri dipatok Rp 330,8 juta. (mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling)

Wuling Almaz RS dengan IoV yang seru sebagai pendukung pengguna dalam menikmati fasilitas kabin dan pairing dengan smartphone [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Wuling Almaz RS dengan IoV yang seru sebagai pendukung pengguna dalam menikmati fasilitas kabin dan pairing dengan smartphone [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Wuling  Almaz RS

Almaz RS sendiri merupakan flagship model dari Wuling yang dibekali beragam teknologi terkini, yakni Wuling Indonesian Command (WIND) dan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). 

Selain itu, desain eksterior dan interior yang modern, serta fitur kenyamanan dan keamanan yang kompetitif di kelasnya, mampu mendeskripsikan SUV ini sebagai Rising Star (RS).

Teknologi WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND). 

ADAS pun hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan selama berkendara bersama Almaz RS yang terbagi dalam empat kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light. Harga Almaz RS dipatok mulai dari Rp350,8 juta dan tersedia dalam tiga tipe. Harga tercantum merupakan harga subsidi PPnBM yang diberikan oleh Wuling.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *