Sinopsis dan Review Drama Korea Reply 1994 (2013)

Mungkin tidak begitu banyak yang ingat bahwa jauh sebelum ada Reply 1988, Reply Series didahului oleh drama Reply 1997 dan Reply 1994. Yang terakhir disebut sebenarnya kalah pamor oleh Reply 1997 yang bintangi oleh Jung Eun Ji Apink dan Seo In Guk. Padahal drama Reply 1994 ini tidak kalah apik dibandingkan series reply yang diproduksi setelahnya.

Sama seperti jalan cerita dalam Series Reply lainnya, Reply 1994 mempunyai kisah mundur. Dimulai dari tahun drama tersebut dirilis, yaitu, 2013 sampai ke tahun 1994, latar waktu yang diangkat dalam drama tersebut.

Reply 1994 pun mengangkat kisah percintaan, pertemanan, keluarga dan konflik yang berpusat pada Go Ara, Jung Woo dan Yoo Yeon Seok. Simak sinopsisnya terlebih dahulu ya!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun: 2013
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: CJ E&M
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Pemeran: Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon Seok, Kim Sung Kyun, Son Ho Jun, Baro, Min Do Hee
  • Jumlah Episode: 21

Adegan dibuka di latar waktu 2013. Di dalam episode awal itu terlihat Sung Na Jung (Go Ara) yang sedang merapikan apartemen barunya di daerah Sangman-dong, Mapo, Seoul. Sebagai perayaan kepindahannya, Na Jung dan suami mengundang Jo Yoon Jin (Min Do Hee) dan teman-temannya ke rumah baru tersebut.

Di sela-sela merapikan rumah, Yoon Jin melihat rekaman pernikahan Na Jung. Dari sinilah kisah balik yang mengisahkan perjalanan Na Jung muda dimulai.

Tahun 1994 adalah tahun di mana Sung Dong Il (Sung Dong Il) memboyong keluarga besarnya pindah ke Seoul. Mereka pindah dari kota lamanya di Masan karena Sung Dong Il dikontrak sebagai pelatih tim Bisbol kebanggaan kota Seoul, Seoul Twin.

Keluarga Sung menempati sebuah rumah besar dengan banyak kamar. Rumah tersebut terlalu besar untuk keluarga Sung yang hanya terdiri dari Sun Dong Il, istrinya, Lee il Hwa (Lee Il Hwa) dan Sung Na Jung (Go Ara). 

Kamar-kamar tersebut kemudian disewakan pada mahasiswa yang berasal dari daerah. Lantai bawah rumah dihuni oleh keluarga Na Jung dan seorang mahasiswa kedokteran yang biasa dijuluki ‘Sseuregi Oppa’ (Jung Woo) karena kebiasaan joroknya.

Sementara itu, penyewa lantai bawah terdiri dari Binggeurae (Baro B1A4), Samcheonpo (Kim Sung Kyun), Jo Yoo Jin (Min Do Hee) dan Haitai (Son Ho Jun).

Sepupu Binggeurae, Chilbong (Yoo Yeon Seok) yang juga atlet bisbol yang dilatih oleh Sung Dong Il kerap berkunjung ke rumah kost tersebut. Ia banyak menghabiskan waktu bersama sesama penghuni kost lainnya sehingga sudah dianggap sebagai salah satu penghuni kost itu.

Total ada 5 pria yang ada di rumah tersebut dan dari 5 pria yang ada di rumah tersebut, dua pria, yaitu Sseuregi Oppa dan Chilbong sama-sama jatuh hati pada Na Jung. Meskipun keduanya tidak memperlihatkan rivalitas atas Na Jung, namun ketegangan selalu terasa meningkat setiap kali mereka berada dalam satu tempat.

Penuh Adegan Romantis

Penuh Adegan Romantis

Berbeda dari jalan cerita dalam Reply 1997 dan Reply 1988 yang lebih banyak mengisahkan persahabatan, keluarga, dan potret sosial di masing-masing masa, Reply 1994 sangat kental nuansa romantisnya.

Ini terlihat sejak episode pertama di mana adegan romantis sudah mulai dipamerkan. Jadi bikin baper penonton. Chilbong dan Sseuregi Oppa sama-sama memperlihatkan maksud hati masing-masing. Dua pria ini saling menunjukkan interaksi manis pada Na Jung.

Selain itu, penghuni kost yang lainnya pun punya kisah romantis, seperti kisah Yoo Jin dan Samcheonpo yang akhirnya terlibat hubungan romantis padahal di awal mereka ibarat anjing dan kucing yang tidak pernah akur.

Kisah cinta keduanya adalah sebuah plot twist yang luput dari dugaan. Pasalnya dua orang ini tidak menunjukan tanda-tanda tertarik satu sama lain atau terlihat akan berakhir dalam sebuah hubungan romantis yang manis.

Polosnya Anak Daerah yang Baru Mengenal Kota 

Menggambarkan Kepolosan Anak Daerah yang Baru Mengenal Kota

Dalam Series Reply kita pasti akan mendapati dialog para pemain yang menggunakan satoori, dialek daerah. Sama seperti Indonesia, setiap daerah di Korea mempunyai dialeknya masing-masing dan dari gaya bicara seseorang orang bisa langsung mengetahui dari mana ia berasal.

Baca juga:

Hal ini menunjukan bahwa Reply Series sangat menggambarkan ciri khas dan karakter anak daerah dalam konteks yang baik. Termasuk pada Reply 1994 ini. Mengingat para penghuni kost ini sebagian besar berasal dari daerah, mereka masih menggunakan dialek asalnya.

Selain dari satoori, kamu bisa melihat kepolosan mereka ketika baru pindah ke Seoul. Tingkah polos Na Jung, Samcheon dan Haitai yang terkagum-kagum melihat rupa kota Seoul akan bikin kamu tertawa terpingkal-pingkal.

Kehidupan anak muda Seoul pun tak luput bikin mereka ternganga, seperti saat mereka mengetahui bahwa Chilbong adalah anak broken home yang hidup sendiri setelah orang tuanya bercerai. Fakta seperti itu jarang mereka dengar di daerahnya.

Mengangkat Situasi Sosial dan Isu-Isu di Titik Waktu 1994

Mengangkat Situasi Sosial dan Isu-Isu di Titik Waktu 1994

Reply 1994 hadir dengan latar waktu di tahun 1994. Latar ini seolah membawa penonton mengingat kembali kejadian yang telah terjadi di tahun tersebut. Misalnya adanya penggunaan pager yang saat itu sangat booming.

Pager adalah alat komunikasi yang dianggap mewah sekaligus menjadi simbol kecanggihan teknologi yang berkembang saat itu. Para anak muda menggunakan pager untuk berkomunikasi

Adegan dengan pager di dalam drama ini salah satunya terlihat saat semua orang di rumah kost Shinchon panik saat mengetahui bahwa lokasi yang dikunjungi Chilbong mengalami rubuh. Semua orang sibuk mencari tahu kabar dari si atlet ganteng itu melalui pager.

Lalu, ada Piala Dunia yang sukses membawa Korea meraih peringkat keempat, krisis moneter dan isu dunia kiamat yang kabarnya akan terjadi di tahun 200 yang diangkat ke dalam cerita menjadi sangat menggambarkan tahun 1994.

Alur Cerita Sulit Ditebak dan Sinematografi yang Menarik

Alur Cerita Sulit Ditebak dan Sinematrografi yang Menarik

Fakta bahwa suami Na Jung bukan Chilbong sangat membuat penonton merasa kecolongan. Pasalnya chemistry dari keduanya sudah terlihat menuju ke tanda-tanda akan naik pelaminan. Tapi nyatanya Shin Won Ho tidak mau Reply 1994 berakhir tenang tanpa membuat emosi penonton bergejolak.

Di akhir kisah, sutradara yang berhasil membawa pulang penghargaan Best Director untuk drama Reply 1988 ini membuat Na Jung berakhir dengan Sseuregi Oppa yang sebetulnya bernama asli Kim Jae Joon.

Identitas suami Na Jung ini menjadi sebuah teka-teki besar yang membuat penonton terus berspekulasi. Plot twist inilah kekuatan dan Reply 1994 yang menjadikan penonton tak mau melepas pandangannya dari drama ini.

Sutradara Shin Won Ho juga sangat cerdik menyelipkan permasalahan sederhana yang umum terjadi di masyarakat ke dalam cerita. Hal ini menciptakan ikatan emosional antara penonton dan para tokoh yang bermain dalam drama ini.

Dari semua Series Reply, kisah cinta yang diangkat dalam serial Reply 1994 lebih berani. Tidak seperti dalam Reply 1997 yang seakan malu-malu kucing menampakan kisah romantis antara kedua tokoh utama sampai butuh beberapa episode untuk bisa sampai di adegan romantisnya.

Sempat disinggung di atas bahwa Reply 1994 sangat sempurna menggambarkan situasi di titik waktu 1994 ke atas. Visualisasi isu yang diangkat dalam drama sangat pas dan terasa nyata. Shin Won Ho dengan apik membingkai semua isu ke dalam cerita seolah kita melihat situasi di masa lalu. 

Nah, untuk kamu yang baru mengetahui ada drama Series Reply, kamu tidak perlu bingung harus mulai dari judul yang mana. Series Reply tidak seperti drama lainnya yang mempunyai cerita berkait. Series ini mempunyai alur cerita dan tokoh yang berbeda di setiap judulnya. Kamu bisa mulai menonton dari Series Reply mana pun tapi jangan lewatkan Reply 1994, ya!

Reply 1994

8.5 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *