Sepeda Motor Matik Gagal Taklukkan Tanjakan? Ini Triknya Biar Sukses

Suara.com – Mengendarai sepeda motor dengan sistem transmisi otomatis atau matik di jalan menanjak tentu menjadi tantangan tersendiri. Berbeda dengan tunggangan versi manual yang bisa mengoper ke gigi lebih rendah, menggunakan tunggangan matik rupanya membutuhkan trik tersendiri.

Bagaimanakah sebaiknya mengeksekusi tanjakan bila mengandalkan sepeda motor matik?

Dikutip dari Wahana Honda, beberapa trik bisa dipraktekkan. Antara lain kudu piawai zig zag, atau melakukan ancang-ancang sejak dari jauh.

All New Honda PCX. [AHM]
All New Honda PCX. Sebagai ilsutrasi sepeda motor bertransmisi otomatis atau matik [AHM]

Untuk lengkapnya, berikut adalah trik mengendarai motor transmisi otomatis saat berada di jalan menanjak:

Baca Juga: Unik! di Semarang Ada Tanjakan Luna Maya, Begini Ceritanya

1. Ambil ancang-ancang

  • Apabila sudah mengetahui medan yang akan dilalui, bisa mengambil ancang-ancang cukup jauh sebelum tiba di tanjakan.
  • Ketika sudah mendekati tanjakan, bisa menjaga kecepatan lebih tinggi, agar kuat menanjak.

2. Tahan gas

  • Trik selanjutnya adalah menahan agas alias tidak membukanya secara penuh, ketika melalui jalan menanjak. Caranya adalah dengan membuka gas pelan-pelan.
  • Dengan cara ini, torsi mesin pun bisa optimal. Soalnya, performa v-belt yang ada di motor matik tidak sama dengan gir untuk sepeda motor kopling atau transmisi manual.

3. Pakai rem belakang

  • Ketika hendak mengurangi kecepatan maupun menghentikan laju motor di jalan menanjak, pakailah rem belakang. Tujuannya, agar motor tidak bergerak mundur.

4. Lakukan manuver zig-zag

  • Masih ada trik lainnya untuk menanjak dengan motor matik. Jika kondisi jalanan cukup sepi, bisa berkendara di tanjakan dengan cara zig-zag.
  • Dengan cara ini, mesin tidak terlalu berat untuk mendukung kendaraan naik di tanjakan. Sebab dengan zig-zag, posisi jalan terhadap motor pun menjadi landai.

5. Kesiapan mental di jalanan menanjak

Baca Juga: Apakah Perlu Matikan AC Mobil di Tanjakan Curam?

  • Selain persiapan teknis dan trik berkendara, yang tidak boleh dilupakan adalah kesiapan mental ketika hendak melalui jalan menanjak.
  • Terlebih jika akan melewati area perbukitan maupun pegunungan. Jangan lupa menerapkan etika berkendara, termasuk menyalakan lampu sein ketika hendak berpindah ke sisi lain.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *