Pesepakbola Saddam Gaffar Sukses Restorasi Sepeda Motor Warisan Ayahnya

Suara.com – Pesepakbola suka mengoleksi kendaraan roda dua atau roda empat? Banyak sekali bila ingin menyebut contohnya. Mau dari luar negeri atau asli Tanah Air sendiri ada. Salah satunya adalah Saddam Gaffar, penyerang PSS Sleman, yang masuk sebagai pemain Timnas U-19.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi klub PSS Sleman dan akun Instagram terverifikasi milik pemain bola ini, lajang bernama lengkap Saddam Emiruddin Gaffar menyebutkan baru saja menyelesaikan proyek restorasi Honda Astrea Grand lansiran 1990-an.

“Sebenarnya motornya sudah lama tidak terpakai. Terus saya coba cek ternyata masih bisa hidup dan saya restorasi karena banyak yang keropos juga,” jelas pemain bernomor punggung 9 itu, sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari laman resmi klub, Rabu (18/8/2021).

Saddam Gaffar dan Honda Astrea Grand [Instagram saddamemiruddingaffar09].
Saddam Gaffar dan Honda Astrea Grand [PSS Sleman via ANTARA, Instagram saddamemiruddingaffar09].

Motor warisan ayahandanya itu bagi Saddam Gaffar disebutnya harta karun yang tak ternilai harganya.

Baca Juga: Heboh Honda Astrea Anti Mampir ke SPBU, Cocok Buat yang Mau Irit Bensin

“Kalo dipandang dari orang yang hobinya seperti saya, pasti akan terlihat seperti harta karun. Tapi kalau dilihat orang lain mungkin hanya seperti motor tua,” lanjut kelahiran kelahiran Jepara, 24 September 2001.

Oleh karena hobi, seperti yang ia sebutkan sendiri, Saddam Emiruddin Gaffar memiliki selera berbeda soal kendaraan roda dua dibandingkan mereka yang seusia. Yaitu anak-anak muda dengan kesukaan pada produk roda dua lansiran paling gres.

Sementara ia sendiri menyukai tunggangan lawas, bahkan produk yang lahir lebih dahulu dibandingkan dirinya. Seperti Honda Astrea Grand sendiri contohnya.

“Motor ini pernah ditawar sampai tiga kali, namun tidak saja jual,” kata Saddam Gaffar.

Soal si motor sendiri, Honda Astrea Grand, dikutip dari situs jual beli kendaraan second hand OLX Indonesia, untuk versi 1997 dihargai sekira Rp2,7 juta hingga Rp6 jutaan tergantung tingkat orisinalitas dan mulus tidaknya.

Baca Juga: Desain Stripe Baru Bikin Honda CBR250RR Tampil Semakin Agresif

Produk ini marak di masa krisis ekonomi sekitar 1997 – 1998, menjadi salah satu favorit pengguna roda dua dan produk kelanjutan dari deretan produk legendaris PT Astra Honda Motor, seperti Honda Astrea 700 dan Honda Astrea 800.

Adapun spesifikasi Honda Grand Astrea:

  • Mesin: 4-stroke, Overhead Camshaft, berpendingin udara, silinder tunggal mendatar
  • Kubikasi: 97,1cc
  • Sistem bahan bakar: Karburator
  • Bore x stroke: 50 x 49,5 mm
  • Tenaga maksimum: 7,3 dk per 8.000 rpm
  • Tipe Kopling: Kopling ganda, otomatis, tipe basah

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *